Jelang Ngabuburit, Komunitas Ini Ajak Warga Lepas Tukik di Pantai

Edzan Raharjo - detikNews
Senin, 20 Jun 2016 01:26 WIB
Pelepasan Tukik di Pantai Samas Bantul (Foto: Edzan Rahardjo/detikcom)
Bantul - Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingya tukik untuk keseimbangan alam. Peduli terhadap lingkungan, puluhan warga dari anak-anak dan orang dewasa melepas puluhan tukik di Pantai Samas, Bantul, DIY, Minggu (19/6/2016).

Anak-anak terlihat ada yang takut-takut saat memegang tukik. Anak-anak kemudian diajarkan bagaiman melepaskan Tukik ke habitatnya. Sementara untuk yang dewasa banyak yang memanfaatkanya dengan foto menggunakan ponsel sebelum di lepas ke pantai.

Inayati Khoiroh dari komunitas Reispirasi mengatakan pelepasan tukik yang melibatkan anak-anak ini untuk memberikan edukasi kepada anak-anak. Karena selama ini sosialisasi tentang tukik ini masih minim sehingga banyak masyarakat belum mengetahui.

Pelepasan tukik (Edzan/detikcom)


"Yang kita lepas sebanyak 49 tukik, usianya 1 minggu. Kemarin ada 87 telur tapi yang jadi 49 dan kita lepas semua," kata Inayati pada pelepasan Tukik di Pantai Samas, Bantul, DIY.

Kegiatan pelepasan tukik yang dilakukan pada waktu bulan puasa, agar warga instrospeksi apa yang sudah diberikan pada alam. Tempat pelestarian penyu yakni penyu lekang (lepidochodelys olivacea) di pantai Samas belum diketahui masyarakat secara luas. Hal ini karena sosialiasi yang masih minim kepada masyarakat. (dnu/dnu)