DetikNews
Kamis 09 Juni 2016, 15:07 WIB

Penjelasan AirAsia Indonesia Soal Pesawatnya yang Di-grounded Kemenhub

Nograhany Widhi K - detikNews
Penjelasan AirAsia Indonesia Soal Pesawatnya yang Di-grounded Kemenhub Ilustrasi (Dokumentasi Foto: Faela Shafa)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menemukan 3 pesawat yang di-grounded untuk diperbaiki, termasuk pesawat AirAsia Indonesia. AirAsia memberikan penjelasan terkait hal ini.

Penjelasan secara tertulis disampaikan Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono pada Kamis (9/6/2016) sebagai berikut:

Terkait dengan adanya temuan pada salah satu pesawat kami saat ramp check yang dilakukan oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU), kami ingin menegaskan bahwa pesawat tersebut memang tengah berada dalam rangkaian proses perawatan dan pemantauan yang dilakukan oleh tim maintenance kami, sesuai dengan panduan yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan pesawat.

Adapun program perawatan pesawat yang kami laksanakan telah mendapatkan persetujuan dan berlangsung dalam pemantauan secara berkala oleh pihak regulator di Indonesia.

Sehubungan dengan proses perawatan yang berlangsung, kami juga mengonfirmasikan bahwa seluruh teknisi AirAsia Indonesia memiliki sertifikat dari regulator serta melaksanakan tugas dalam koridor check and balance yang kami terapkan secara menyeluruh. Seluruh teknisi kami qualified dalam melaksanakan tugasnya, dan tidak ada satu orang pun yang dicabut sertifikatnya atas adanya temuan tersebut.

AirAsia Indonesia kembali ingin menekankan komitmennya pada kelancaran dan keselamatan operasional penerbangan serta kenyamanan penumpang, terutama jelang periode musim Lebaran tahun ini.

Sebelumnya, ada 3 pesawat di-grounded untuk perbaikan dalam pemeriksaan rutin yang dilakukan Kemenhub, terutama untuk menghadapi angkutan lebaran via udara tahun 2016.

Baca juga: Kemenhub Cek 133 Pesawat di 5 Bandara, 3 Pesawat Di-grounded untuk Perbaikan

"Sudah ada 133 pesawat di-ramp check untuk mengetahui sejak dini kesiapan armada melaksanakan angkutan di saat Lebaran," jelas M Alwi saat ditemui detikcom di kantornya di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (8/6).

Hasilnya, ada temuan bagi 3 pesawat yang akhirnya diminta untuk di-grounded untuk perbaikan. Semua pesawat itu ditemukan saat ramp check di Bandara Soekarno-Hatta.
(nwk/nrl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed