detikNews
Rabu 04 Mei 2016, 17:07 WIB

Salah Satu Tokoh Luar Batang Ancam Tuntut Ahok soal Penataan Cagar Budaya

Bisma Alief - detikNews
Salah Satu Tokoh Luar Batang Ancam Tuntut Ahok soal Penataan Cagar Budaya Tokoh masyarakat Luar Batang, Mansur Amin. (Foto: Bisma Alief/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Sunda Kelapa Heritage yang juga Sekretaris Masjid Luar Batang Mansur Amin berencana menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Gugatan akan dilayangkan karena Ahok dinilai salah dalam penataan sejumlah cagar budaya di Jakarta.

"Saya lagi siapkan untuk menuntut Ahok dari sisi kawasan cagar budaya. Semoga nggak terlalu lama bisa diekspos," kata Mansur saat ditemui detikcom di Luar Batang, Rabu (4/5/2016).

Sayang, Mansur yang juga salah satu tokoh masyarakat di Luar Batang itu masih enggan menyebut jenis tuntutan yang akan dia ajukan untuk Ahok. Alasannya itu masih menjadi strategi rahasianya. "Tuntutannya masih rahasia, masak mau perang strategi diomongin," Mansur memberikan alasan.

Dia mencontohkan kegagalan Ahok dan Pemerintah Provinsi DKI dalam menata kawasan cagar budaya di Kota Tua. Belajar dari kegagalan di Kota Tua itulah, Mansur akan menolak Ahok menata Luar Batang. "Kita nggak usah ngomongin Luar Batang, coba lihat Kota Tua. Ahok berhasil nggak di Kota Tua? Nggak," kata Mansur.

Lagi-lagi Mansur tak mau menjelaskan letak kegagalan Ahok dalam menata Kota Tua. Namun dia siap berdebat dengan Ahok ikhwal kegagalan penataan Kota Tua. "Kalau dia bilang berhasil, kapan kita debat? Saya bilang itu gagal. Saya nggak mau ungkapin di mana gagalnya. Bikin pertemuan saja sama Ahok. Akan saya undang arkeolog, dosen, arsitek, budayawan dan sejarawan," papar Mansur.

Seperti diketahui, Pemprov DKI berencana melakukan penataan di Kawasan Luar Batang. Salah satu kampung bersejarah yang menjadi saksi syiar Islam di Jakarta pada abad 17 itu akan dijadikan kawasan wisata religi. Konsekuensinya sejumlah permukiman warga akan direlokasi untuk penataan tersebut.
(erd/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com