Masa Penahanan Jessica Habis Bulan Ini, M Iqbal: Bisa Diperpanjang 30 Hari Lagi

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Rabu, 20 Apr 2016 09:28 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Masa penahanan tersangka Jessica Kumala Wongso tinggal 9 hari lagi. Meski demikian, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal menyebut pihaknya bisa memperpanjang masa penahanannya hingga 30 hari ke depan.

"9 hari lagi itu perpanjangan ketiga yang habis. Kalau kita masih butuh penyelidikan, bisa diperpanjang lagi 30 hari. Jadi 39 hari lagi," ujar Iqbal saat dihubungi, Selasa (19/4/2016).

Semestinya, masa penahanan tersangka pembunuh Wayan Mirna Salihin tersebut habis bulan ini. Apabila diperpanjang lagi maka lama masa penahanan Jessica menjadi 120 hari.

Iqbal menyebut besar kemungkinan berkas perkara Jessica akan diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati DKI pekan ini. "Doakan mudah-mudahan dalam beberapa hari ini bisa segera lengkap," terangnya.

Baca Juga: Ada Bukti Baru di Kasus Pembunuhan Mirna, Polisi akan Lengkapi Berkasi Jessica

Dihubungi secara terpisah, kuasa hukum Jessica yang bernama Andi Joesoef berharap kliennya bisa segera dibebaskan. Sebab menurutnya, tidak ada alat bukti kuat yang menunjukkan Jessica memasukkan sianida ke dalam kopi Mirna.

"Saya dan rekan-rekan mengharap Jessica bebas demi hukum karena tidak ada alat bukti Jessica menaruh atau menyuruh orang menaruk racun sianida yang dikatakan Krishna (Direktur Reksrimum Polda Metro Haya Kombes Krishna Murti)," kata Andi.

Baca Juga: Pengacara Jessica: Jika Sampai 120 Hari Berkasi Belum P21, Kami Tuntut Polisi

Seperti diketahui, selama pemeriksaan di Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jessica tidak pernah mengakui telah meracuni Mirna. Apalagi, menerangkan soal bagaimana racun itu masuk di kopi yang menewaskan sahabatnya semasa kuliah di Blillyblue College, Australia. Tetapi penyidik memiliki petunjuk yang mengarah ke situ, salah satunya dari rekaman CCTV di Kafe Olivier, Mal Grand Indonesia, Jakpus. (aws/jor)