DetikNews
Jumat 15 April 2016, 16:15 WIB

Tukang Ojek dan Pedagang Kue Cubit Juga Jadi Korban Hipnotis di Cikini

Bisma Alief - detikNews
Tukang Ojek dan Pedagang Kue Cubit Juga Jadi Korban Hipnotis di Cikini Foto: Nurudin, pedagang kue cubit yang jadi korban hipnotis (Bisma Alief/detikcom)
Jakarta - Ternyata tidak hanya perempuan saja yang menjadi sasaran tukang hipnotis di kawasan Cikini dan sekitarnya di Jakarta Pusat. Orang kecil seperti tukang ojek hingga pedagang kue cubit tak luput dari sasaran bandit.

Nano, tukang ojek yang mangkal di Jalan Cikini Raya menceritakan kesaksiannya. Menurutnya, pada bulan Januari lalu, temannya sesama pengojek pernah menjadi korban hipnotis. Pelaku mengambil motor dan uang sebesar Rp 250 ribu hasil ngojeknya seharian yang disimpan di dalam jok motor.

"Dia disadarin teman saya karena kelihatan bingung gitu. Dia jalan dari Kramat Jati ke Cikini," kata Nano saat ditemui di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2016).

Nurudin, seorang pedagang kue cubit di sekitar bioskop Metropole juga mengaku pernah menjadi korban hipnotis. Pundaknya ditepuk oleh seseorang saat ia melayani pelanggan. Tak menyadari apa yang terjadi kemudian, tiba-tiba Nurudin mendapati uang hasil kerjanya seharian telah hilang.

"Uang Rp 300 ribu di dompet hilang, disiasin Rp 20 ribu doang," kata Nurudin.

(Baca Juga: Korban Hipnotis di Cikini Rata-rata Perempuan, Pelaku Ambil Uang dan Ponsel)

Ia mencurigai 2 pria pengendara motor yang hendak membeli kue cubitnya kala itu. Mereka sempat mengobrol sambil menunggu kue cubit masak, sehingga Nurudin tak mencurigai 2 pria yang kemudian berlalu ke arah Jalan Raden Saleh tersebut.

"Ngobrolnya biasa aja, nggak ada rasa dihipnotis. Setelah dia pergi, baru saya sadar kayaknya tadi ada yang nepuk pundak. Eh bener, uang saya hilang," katanya.

Nurudin mengaku tak melapor polisi setelah kejadian tersebut karena kesulitan mendeskripsikan pelaku. "Saya ikhlasin aja. Kalau rezeki nanti juga diganti," ujar Nurudin sambil melayani pelanggan.


(khf/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed