3 In 1 Timbulkan Macet, Ahok: Pengguna Jalan Bisa Pakai Waze

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 11 Apr 2016 17:07 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Sistem 3 in 1 masih coba dihapuskan dari jalanan Ibu Kota. Sebagian ruas jalan mengalami macet akibat percobaan penghapusan 3 in 1. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyarankan agar pengguna jalan memakai aplikasi Waze.

"Jadi kalau mereka pakai Waze, mereka bisa mencari jalan sendiri," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Ahok mengakui penghapusan 3 in 1 membuat macet sebagian jalan. Namun, dia menambahkan, sejumlah jalan juga mengalami penurunan kemacetan akibat dihapuskannya sistem tiga dalam satu untuk kendaraan mobil itu.

"Memang menambah volume. Tapi beberapa jalan penghubung malah ada penurunan," kata Ahok.

Ke depan, setelah percobaan penghapusan 3 in 1 ini selesai dalam jangka waktu sepekan, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengevaluasi pemberlakuan percobaan ini.

Soal kemacetan, menurut Ahok itu karena sebagian masyarakat pengguna jalan tak lagi menunggu malam hanya sekadar untuk menghindar 3 in 1. "Sekarang langsung keluar (dari tempat kerja untuk pulang ke rumah). Itu nambah 20 persen, 30 persen," kata Ahok.

(dnu/aan)