Kasus Suap Raperda Reklamasi, KPK Periksa Prasetio dan M Taufik

Dhani Irawan - detikNews
Senin, 11 Apr 2016 09:04 WIB
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Penyidik KPK melanjutkan pemeriksaan saksi-saksi dalam lanjutan penyidikan kasus dugaan suap pembahasan rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai reklamasi. Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik turut dipanggil untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Dari jadwal pemeriksaan di KPK, Senin (11/4/2016), sejumlah saksi yang diperiksa antara lain Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, Ketua Badan Legislasi DPRD DKI M Taufik, Wakil Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan, Wakil Ketua Badan Legislasi DPRD DKI Merry Hotma, Kasubbag Rancangan Perda DPRD DKI Dameria Hutagalung, anggota Badan Legislasi DPRD DKI M Sangaji, dan anggota DPRD DKI S Nurdin.

Sebanyak 7 saksi itu diperiksa untuk tersangka M Sanusi. Dari 7 saksi itu, ruang kerja Prasetio dan M Taufik telah digeledah oleh tim penyidik KPK setelah melakukan operasi tangkap tangan pada Kamis, 31 Maret 2016.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 3 orang tersangka yaitu M Sanusi selaku Ketua Komisi D DPRD DKI dan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (PT APL) Ariesman Widjaja serta Trinanda Prihantoro selaku Personal Assistant di PT APL.

M Sanusi ditangkap dengan sangkaan menerima suap sebesar Rp 2 miliar yang diberikan dalam 2 termin dari PT APL. Barang bukti yang diamankan KPK saat operasi tangkap tangan sebesare Rp 1,140 miliar. (dhn/aan)