DetikNews
Sabtu 26 Maret 2016, 15:27 WIB

Danlanud Adisutjipto: Wica Lepas Parasut Tapi Landing di Pecahan Ombak Besar

Sukma Indah Permana - detikNews
Danlanud Adisutjipto: Wica Lepas Parasut Tapi Landing di Pecahan Ombak Besar Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Penerjun Wica Milanti Ayuningtyas (24) meninggal dunia setelah jatuh ke laut saat beraksi di Jogja Air Show 2016. Wica sempat melepaskan parasutnya namun jatuh di puncak gulungan ombak pantai selatan Yogyakarta.

"Semua sudah berhasil lompat dari pesawat. Tapi ada 1 penerjun di run pertama, terlihat normal. Tapi kami lihat dari bawah terpisah di atas laut. Kami belum tahu ada masalah apa," ujar Danlanud Marsma Imran Baidirus di Base Ops Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Sabtu (26/3/2016).

"Dia melaksanakan prosedur landing di air. Landingnya di pecahan ombak besar. Kita tahu ombak pantai selatan," imbuhnya.

Seluruh penerjun direncanakan mendarat di darat sehingga seluruh pihak saat ini akan mendalami penyebab Wica terpisah dan mendarat di air di jarak 35 meter dari bibir pantai Depok, Bantul.

"Sempat tergulung ombak," kata Imran.

Proses evakuasi berlangsung cepat. Di tengah medan yang sulit, tim SAR mengevakuasi Wica dalam kondisi masih bernafas. Namun akhirnya meninggal dunia pada pukul 09.10 WIB.

"Lalu kita bawa ke rumah sakit di Bantul. Tapi tensinya menurun dan akhirnya meninggal dunia," imbuhnya.

Hingga saat ini dia belum bisa dipastikan penyebab kematian Wica. Namun, kata Imran menyampaikan, Wica meminum banyak air saat tergulung ombak. "Sudah kebanyakan minum air, dan kondisinya lemah," kata Imran.
(sip/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed