Gerhana Matahari Total di Indonesa

Putri Kerajaan Thailand Saksikan Gerhana Matahari di Ternate

Okta Wiguna - detikNews
Selasa, 23 Feb 2016 09:19 WIB
Foto: Maha Chakri Sirindhorn (Ilustrasi oleh Basith Subastian/detikcom)
Jakarta - Putri Kerajaan Thailand Maha Chakri Sirindhorn akan datang ke Ternate, Maluku Utara, untuk melihat gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku Utara Anwar Husen.

"Keraton Kesultanan Ternate akan dikunjungi Putri Kerajaan Thailand," kata Anwar kepada detikcom.

Rencananya Putri Sirindhorn akan mengunjungi Benteng Tolluko dan Batu Angus. Selain itu akan ada acara adat khusus menyambut rombongan kerajaan Thailand yang berjumlah sekitar 30 orang tersebut.

(Baca juga: Momen Langka, Mahkota Keramat Sultan Ternate Boleh Dilihat Umum Cuma Saat Gerhana Matahari Total 2016)

Putri Sirindhorn adalah anak ketiga Raja Bhumibol Adulyadej. Setelah perubahan konstitusi Thailand pada 1974 yang memungkinkan perempuan jadi penerus takhta, maka Putri Sirindhorn adalah calon penerus ayahnya di urutan kedua setelah Pangeran Vajiralongkorn yang satu-satunya anak lelaki raja.

Putri Sirindhorn memang sengaja datang ke Ternate untuk menyaksikan gerhana matahari total. Ia juga membawa bantuan pendidikan yang akan diberikan ke SDN 50 Tafure.

Putri Sirindhorn adalah satu dari sekitar dua ribu turis gerhana yang datang ke Maluku Utara saat gerhana matahari total. Termasuk dari turis gerhana itu adalah rombongan peneliti lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, yang akan mengamati fenomena alam nan langka ini di Maba.

"Seluruh hotel dan hampir seluruh penginapan di Ternate telah fully booked!" kata Anwar.

(Baca juga: Maluku Utara Akan Dikunjungi 2.000 Turis Asing) 

Kementerian Pariwisata menargetkan akan ada lima juta wisatawan domestik yang datang ke daerah yang dilintasi gerhana. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, promosi yang gencar diharapkan juga bisa menarik 100 ribu turis asing menyaksikan gerhana matahari total di Indonesia. (okw/slh)