Zumi Zola Janji Turun ke Lapangan untuk Atasi Banjir di Jambi

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 12 Feb 2016 17:20 WIB
Zumi Zola saat mengikuti Akademi Kepala Daerah PKB (Foto: Rachman Haryanto-detikcom)
Jakarta - Zumi Zola dilantik menjadi Gubernur Jambi oleh Presiden Joko Widodo. Zola berjanji akan kerja keras mengatasi banjir yang melanda Jambi saat ini.

"Banjir ini sudah terjadi saat ini, tentunya langsung turun ke lapangan dan kita bantu para korban. Kemarin saya telepon bupatinya, minimal ada 500 rumah terendam," kata Zola di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (12/2/2016).

Hal yang pertama akan dia lakukan adalah mencari sumber penyebab banjir. Tidak tertutup kemungkinan, banjir menurutnya, berasal dari kiriman daerah lain.

"Air kan mengalir ya, jadi bisa saja dari daerah lain. Di mana titiknya ini? Kalau perlu kita bikin bendungan," ujar dia.

Selain banjir, Zola juga mengantisipasi bencana kebakaran hutan yang sering melanda Jambi ketika kemarau. Menurut dia solusinya adalah memberi pengertian ke masyarakat untuk tidak membakar lahan.

"Kami butuh dukungan masyarakat, mohon tidak membakar lahan dengan cara apa pun. Mungkin nanti kepolisian yang akan bertindak. Insya Allah kebakaran hutan di Jambi bisa kita tekan," ucapnya. (bpn/fdn)