Pesan Wapres JK ke Anak Muda: Buat Inovasi, Jangan Berharap Banyak Jadi PNS!

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 13 Jan 2016 10:54 WIB
Wapres Jusuf Kalla (Foto: Agung Pambudhy/detikFoto)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta generasi muda tidak berharap banyak menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Indonesia membutuhkan generasi yang kreatif dan selalu berinovasi.

"Saya sering katakan bagi generasi muda, jangan berharap banyak untuk jadi PNS. Lima tahun kita tutup, kecuali guru tenaga kesehatan dan riset," ujar JK dalam sambutannya di acara Dies Natalis Universitas Paramadina, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (13/1/2016).

Sebagai contoh, JK menyebutkan layanan ojek online yang semakin berkembang dan membuka banyak lapangan kerja. Hal itu dikarenakan adanya jiwa inovasi dari generasi muda.

"Kita butuh pandangan teknologi, inovasi dalam suatu kemajuan, bukan hanya politik. Politik menarik, tapi kesejahteraan adalah politik stabil dan ekonomi ke depan," terangnya.

JK optimistis ke depan generasi muda Indonesia memiliki daya saing yang kuat. Karena itu dia meminta agar para anak muda membuat inovasi dalam berbagai hal.

"Adopsi teknologi menjadikan suatu negara mencapai standar hidup yang memadai, tetapi inovasilah yang menjadikan leader di suatu bidang dan mendorong kemakmuran lebih tinggi," jelasnya.

"Struktur ekonomi Indonesia perlu didorong untuk lebih berorientasi pada produk-produk berteknologi tinggi," sambungnya. (fiq/hri)