Sejarawan: Gambar Walisongo Juga Imajinatif Saja, Sama Seperti Gajah Mada

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 29 Des 2015 07:45 WIB
Foto: Sumber: Screenshot Google
Jakarta - Sudah jelas, gambaran soal wajah Mahapatih Majapahit Gajah Mada hanya berdasarkan imajinasi. Ternyata bukan hanya gambaran Gajah Mada saja yang imajiner, tetapi gambaran wajah Walisongo juga sama saja.

"Sebenarnya bukan hanya tokoh Gajah mada, tapi gambar Walisongo juga imajinatif. Digambarkan orang yang rambutnya putih, pakai pakaian seperti itu. Itu imajinasi seseorang," kata sejarawan Universitas Gadjah Mada (UGM), Bahaudin, kepada detikcom, Selasa (29/12/2015).

Bahudin belum mengetahui juga, dari mana gerangan asal muasal potret Walisongo yang sudah populer di masyarakat itu, bahkan kadang juga dihapal secara sengaja.

"Terus terang saya tidak tahu asal gambaran Walisongo tersebut. Itu juga misterius, karena tidak diketahui siapa orang pertama yang membuat lukisan itu," kata Bahaudin yang menempuh gelar sarjana dan pascasarjana di UGM ini.

Sudah jamak diketahui oleh generasi kini, gambaran Walisongo berbentuk lukisan dan berwarna. Bila melihat gaya lukisan seperti itu, maka agak sulit membayangkan itu dibuat pada masa lampau saat Walisongo masih hidup.

"Kalau melihat hasil dan gaya lukisannya yang sudah berwarna, itu belum lama (bikinnya), mungkin tahun '70an atau '80an," kata Bahaudin mengomentari gambaran Walisongo.

Walisongo dikenal sebagai Sembilan Wali yang menyebarkan Agama Islam di Tanah Jawa. Mereka berdakwah di masing-masing wilayahnya. Sosok mereka begitu dihormati oleh masyarakat Muslim di Jawa khususnya, dan di Indonesia pada umumnya. (dnu/ear)