DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 14:30 WIB

Bendera Palestina Berkibar di PBB, Komisi I DPR: Indonesia Juga Lobi-lobi

Danu Damarjati - detikNews
Bendera Palestina Berkibar di PBB, Komisi I DPR: Indonesia Juga Lobi-lobi Foto: REUTERS/Andrew Kelly
Jakarta - Bendera Palestina berkibar di PBB. Kini Palestina menjadi berstatus observer. Komisi I DPR menyambut baik hal itu.

"Selain karena perjuangan mereka sendiri, ini tidak lepas juga dari usaha perwakilan tetap kita di PBB, dari Indonesia melakukan lobi-lobi supaya bendera Palestina berkibar di sana," kata Wakil Ketua Komisi I Tantowi Yahya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2015).

Menurut Tantowi, ini juga merupakan buah kerja keras negara-negara berpenduduk Muslim untuk memperjuangkan Palestina. Namun perjuangan belum mencapai puncak.

"Ultimate goalnya adalah Palestina ingin diakui menjadi satu negara utuh. Namun terlebih dahulu kemerdekaan harus diwujudkan," kata Tantowi.

Saat ini, status Palestina adalah observer saja di PBB. Namun masyarakat dunia telah melihat Palestina sebagai negara yang menunggu kemerdekaan.

"Langkah selanjutnya, seharusnya semua pihak harus mendukung kemerdekaan Palestina," kata politisi Golkar ini.

Indonesia memberi solusi agar Palestina dan Israel eksis bersama-sama sebagai dua negara dan saling menghormati. Soal sikap Israel yang terus membangun pemukiman di perbatasan, Tantowi ingin semua pihak mengkritik.

"Saya sendiri melihat perluasan wilayah untuk pembangunan real estate komersial di sana. Tetapi setlalu ada argumen dari Amerika Serikat yang berpihak pada Israel. Tugas negara-negara Islam khususnya Indonesia adalah tidak lagi mendukung agresi Israel," kata Tantowi.
(dnu/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed