Di Buku Barunya, Mallarangeng Ungkap Sejarah Hingga Trik Permainan Gaple

Tya Eka Yulianti - detikNews
Kamis, 24 Sep 2015 13:50 WIB
Foto: Lamhot aritonang
Jakarta - Andi Mallarangeng, mantan politisi Partai Demokrat yang juga mantan Manteri Pemuda dan Olahraga ini begitu bersemangat menceritakan soal buku barunya yang sedang disusun di balik jeruji penjara di Lapas Sukamiskin Bandung.

Buku bertema Gaple, permainan kartu domino ini ternyata jadi kesenangan tersendiri bagi Andi selama menjalani masa hukumannya. Begitu akrab dengan permainan ini membuat Andi ingin membagikan lebih luas seluk beluk gaple secara lengkap.

"Di buku saya nanti saya akan kupas lengkap mulai dari sejarah masuknya gaple ke Indonesia, soal aturan main, notasi, teknik, trik dan etika bermain gaple," ujar Andi saat berbincang dengan detikcom disela kegiatan pemotongan hewan kurban di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution Bandung, Kamis (24/9/2015).

Andi menjelaskan, gaple yang berasal dari Tiongkok ini masuk ke Indonesia pada tahun 1900an setelah sebelumnya menyebar dan populer terlebih dahulu ke Eropa. Kemudian gaple mulai dimainkan oleh berbagai kalangan.

"Ada yang masuk ke kelas atas lewat politik etis, sementara di kelas bawah melalui serdadu. Lalu gaple kerap dimainkan dengan judi karena dikaitkan dengan unsur untung-untungan akibat ada kartu yang tak dimainkan," jelasnya.

Untuk menyusun bukunya, Andi kerap meminta stafnya di luar untuk mencarikan literasi dari berbagai sumber. "Saya suruh cari di
internet, lalu nanti saya diberikan foto kopinya," tutur Andi.

Selain membahas sejarah masuknya gaple, di bukunya Andi juga akan menyusun berbagai hal dalam bagian-bagian terpisah. "Saya akan jelaskan notasi, kolom, istilah-istilah dalam gaple, seperti apa teknik bukaan, permainan tengah dan akhir, teknik, etika
bermain gaple sampai trik-trik yang legalnya," katanya.

Tak ketinggalan, tutorial bagi para pemula yang baru saja ingin mengenal permainan gaple. "Kalau nanti sudah diterbitkan, saya sih
inginnya harganya terjangkau supaya semua kalangan bisa membaca dan mengenal lebih jauh gaple ini," ujarnya.

Sebagai permulaan, kini Andi menulis artikel gaple untuk kolom hobi di majalah internal Lapas Sukamiskin. (tya/faj)