Laporan dari Jeddah

Jokowi Terima Tanda Kehormatan dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2015 22:10 WIB
Foto: Bagus Prihantoro
Jeddah - Kedatangan Presiden Joko Widodo di Arab Saudi mendapat sambutan hangat dari Sang Raja. Jokowi pun diberikan tanda kehormatan oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis.

Pemberian tanda kehormatan dilakukan di Istana Al Salam Diwan Malaki, Jeddah, Arab Saudi setelah pertemuan bilateral dan santap siang. Tak sembarang kepala negara bisa mendapatkan tanda kehormatan ini dari Raja Arab Saudi.

"Apa yang kita lihat dan saksikan hari ini kerajaan beri apresiasi pada Presiden Jokowi dan pemerintahan. Mulai dari sambutan yang diberikan, dimulai diterima di pintu gerbang pesawat, jamuan makan siang dan medali Raja," ujar Pramono Anung di Istana Raja Faisal, Jeddah, Sabtu (12/9/2015).

Sebelum mendapatkan tanda kehormatan itu, Jokowi terlebih dahulu mendapatkan sambutan kerajaan. Upacara penyambutan berlangsung khidmat.

Acara dilanjutkan dengan jamuan makan siang oleh Raja Salman dan pertemuan bilateral. Setelah itu Raja Salman pun mengalungkan secara langsung medali tersebut kepada Presiden Jokowi.

Medali tersebut bernama Star of Order of Abdul Aziz Al Saud - Order of Merit with 5 degrees. Medali serupa juga pernah diberikan kepada Barack Obama, David Cameron, George Bush, dan Shinzo Abe.

"Medali itu yang artinya penghormatan dan persahabatan. Ini diberikan kepada Jokowi sebagai pemimpin negara berpenduduk muslim terbesar," imbuh Pramono.

Tak hanya penyambutan dan medali penghormatan, Raja Arab bahkan meminjamkan Istana Raja Faisal untuk digunakan sebagai kantor bagi Presiden Jokowi. Di Istana Raja Faisal, Jokowi melakukan sederet pertemuan dan membahas berbagai macam isu. (bag/dhn)