detikNews
Senin 01 Juni 2015, 12:27 WIB

Peresmian Kantor PDIP

Cerita Maruarar Ikut 'Perang Batu' Saat Peristiwa Kudatuli di Markas PDI

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Cerita Maruarar Ikut Perang Batu Saat Peristiwa Kudatuli di Markas PDI Gedung baru PDIP
Jakarta -

Peristiwa kudeta 27 Juli 1996 atau yang disebut Kudatuli masih pekat dalam ingatan politikus PDI Perjuangan. Ketika itu terjadi dualisme dua kepengurusan PDI yang slah satunya bentukan pemerintahan Orde Baru.

Salah satu yang berbagi cerita adalah politikus PDIP Maruarar Sirait. Saat itu dia ditelepon pagi-pagi buta untuk merapat ke markas PDI di Jl Diponegoro No 58, Menteng, Jakarta Pusat.

"Waktu itu pagi-pagi saya ditelepon kebetulan saya di rumah, pagi-pagi jam 05.00 WIB pagi bahwa ada penyerangan di kantor PDI. Saya bersama rekan-rekan yang ada di Bintaro kami datang ke sana. Kemudian saya bersama adik saya, Johan dan rekan-rekan simpatisan lain," tutur Maruarar mengawali cerita lewat telepon dengan detikcom, Senin (1/6/2015).

Dia dan kawan-kawan kaget melihat ratusan massa berkerumun memblokade markas PDI. Padahal sebelum itu tengah berlangsung acara mimbar bebas bersama simpatisan dan aktivis lainnya.

"Teman-teman kami banyak yang di dalam tidak bisa keluar, sementara kami yang di luar tak bisa masuk," kata Ara, sapaan akrab Maruarar.

Ara kemudian mengingat-ingat tokoh-tokoh PDI loyalis Megawati Soekarnoputri yang ada di lokasi waktu itu. Bersama dengan dia, mereka berupaya menembus blokade yang entah dari mana.

"Waktu itu sama kita ada Pak Sutardjo Suryoguritno, John Sare sama sama, dr Ning (Ribka Tjiptaning), kita sama-sama ke sana dengan masa kita masing-masing untuk bela teman-teman kita. Ada Pak Hendardi dari LBH juga," kata Ara.

Saat itu yang terpikir adalah bagaimana mengevakuasi teman-teman lain yang ada di dalam Kantor DPP PDI. Satu-satunya cara yang terbersit adalah melempar batu.

"Kita sampai sana gak bisa masuk karena diblok. Ya kita lempar batu untuk bela teman kita di dalam," ungkap Ara.




(Bagus Prihantoro Nugroho/Elvan Dany Sutrisno)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com