DetikNews
Rabu 01 Oktober 2014, 21:03 WIB

Sidang Korupsi Perpustakaan UI

Direktur Makara Mas Beri Komputer Atas Permintaan Eks Rektor UI Gumilar

- detikNews
Direktur Makara Mas Beri Komputer Atas Permintaan Eks Rektor UI Gumilar Gumilar
Jakarta - PT Makara Mas pernah memberikan 1 komputer desktop Apple dan sebuah Ipad kepada eks Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri. Sumber uang itu diambil dari proyek pengadaan instalasi infrastruktur IT Perpustakaan UI.

Keterangan ini disampaikan oleh Direktur Makara Mas, Tjahjanto Budi Satrio saat bersaksi untuk terdakwa mantan Wakil Rektor UI Tafsir Nuchamid di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Permintaan gadget itu disampaikan langsung oleh Gumilar kepada Tjahjanto dalam suatu kesempatan.

"Katanya ada komputer untuk saya?" kata Gumilar saat itu seperti ditirukan Tjahjanto.

Tjahjanto lantas segera menghubungi Dedi Abdul Rahmat Saleh selaku Manajer Bisnis Makara Mas untuk menanyakan permintaan Gumilar. Permintaan Gumilar itu pun ternyata memang sudah disiapkan oleh Dedi.

Satu unit komputer seharga Rp 13 juta itu merupakan bagian dari pembelian 310 unit komputer untuk perpustakaan UI. Gumilar kemudian meminta komputer tersebut dikirim ke rumahnya di Mega Mendung, Jawa Barat.

Bahkan Gumilar mengirim alamatnya di Mega Mendung kepada Tjahjanto. Pasalnya, Tjahjanto tidak tahu rumah Gumilar.

Sesampainya di Mega Mendung, Tjahjanto kaget karena Dedi yang ikut bersamanya menyerahkan sebuah Ipad kepada Gumilar. Dedi saat itu beralasan Ipad hanyalah 'bonus' kepada Gumilar.

"Murah kok," elak Dedi saat itu.

PT Makara Mas merupakan perusahaan yang sepenuhnya dimiliki UI. Karena tidak masuk kualifikasi mengikuti tender IT perpustakaan, perusahaan tersebut menggandeng PT Netsindo Inter Buana yang akhirnya memenangkan proyek.

Terkait dengan pemberian komputer ini, Gumilar yang sudah lebih dulu dihadirkan sebagai saksi, mengakui bahwa dia menerima komputer dari PT Makara. Inisiatif pemberian, kata Gumilar, seluruhnya berasal dari pihak Makara. Gumilar mengklaim komputer sudah dikembalikan beberapa waktu kemudian.


(mok/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed