Ketua MK Jamin Tak Ada Intervensi Hakim dalam Sidang Sengketa Pilpres

- detikNews
Minggu, 03 Agu 2014 22:38 WIB
Jakarta - Sidang perdana gugatan Pilpres kubu Prabowo-Hatta akan dilaksanakan pada 6 Agustus mendatang. Ketua MK, Hamdan Zulva menjamin tak akan ada intervensi terhadap hakim yang akan menangani sidang ini.

"Saya pastikan hakim tidak di intervensi. Sudah pasti," kata Hamdan saat ditanya independensi hakim MK menangani sidang sengketa pilpres, Minggu (3/8/2014).

Hal ini disampaikannya usai menghadiri resepsi pernikahan putri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Hamdan memperkirakan tidak menutup kemungkinan ada pihak yang berusaha untuk mengusik independensi para hakim MK untuk memutuskan hasil sengketa Pilpres. Namun, dia kembali memastikan pihak MK tak bisa dintervensi.

"Orang bisa saja mengintervensi, tapi hakim mau diintervensi atau tidak? Saya pastikan hakim tidak mau diintervensi," ucapnya.

Anggota tim Prabowo-Hatta, Fadli Zon menyatakan sebagai pihak penggugat mengaku sudah siap untuk menghadapi sidang tersebut. Prabowo-Hatta akan datang. Kader dan relawan juga.

"Bahan-bahan sebagai bukti, sudah disiapkan," kata Fadli di sela acara silaturahmi Koalisi Merah Putih, Timkamnas, dan relawan di Rumah Polonia, Jakarta Timur, hari ini.

(bil/ahy)