Orasi di Tugu Proklamasi, Allan Nairn Dukung Indonesia Bantu Palestina

- detikNews
Jumat, 11 Jul 2014 20:49 WIB
Jakarta - Wartawan investigasi asal Amerika Allan Nairn ikut berorasi di acara penyalaan seribu lilin untuk dukungan Palestina di Tugu Prokalamasi. Dalam orasinya, wartawan yang sempat menggegerkan lewat pembocoran wawancara bersama Prabowo Subianto itu menyebut bahwa Amerika membantu Israel secara aktif dalam aksi penyerangan warga Gaza.

"Saya warga negara Amerika jadi sekarang akan berbicara tentang Amerika dulu. Pemerintah Amerika sedang mendukung pembunuhan warga sipil di Palestina," kata Allan dalam orasinya di panggung acara 1000 lilin untuk Palestina di Tugu proklamasi, Menteng, Jakarta pusat, Jumat (11/7/2014).

Allan menyebut, Amerika aktif mengirimkan bantuan persenjataan ke Israel. Bahkan, Allan yang juga warga negara Amerika berani menyebut bahwa sebagian besar persenjataan yang dipakai Israel dari Palestina.

"Ini politik Amerika. Saat ini tentara Israel sedang menyerang rumah-rumah yang ada ibu-ibu dan anak-anak. Dan Israel sedang menyerang rumah itu dengan pesawat dan senjata Amerika. Dengan alasan di rumah itu ada militan-militan," jelasnya.

Dalam orasinya, Allan berharap agar Indonesia bisa berperan untuk menghentikan konflik di Palestina. "Kalau pemerintah Indonesia mau berdiri dan dukung hak Palestina sebagai orang asing saya rasa itu bagus," tegasnya.

(kha/fdn)