Ini Cerita Jokowi Soal Peristiwa Meninggalnya Nanang Ma'soem

- detikNews
Kamis, 03 Jul 2014 12:48 WIB
Bandung - Dirut PT Al Ma'soem Nanang Iskandar Ma'soem meninggal dunia setelah ambruk di pangkuan Joko Widodo. Ini cerita Jokowi soal kejadian tersebut.

Peristiwa terjadi di aula Pondok Pesantren Al Ma'soem, Jalan Raya Cipacing No.22, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Jokowi dan Nanang berada dalam satu panggung. Anies Baswedan dan sejumlah tokoh dari yayasan Al Ma'soem juga hadir.

Menurut Jokowi, malam itu, memang sudah larut. Mereka tidak sempat berbincang banyak. Nanang lalu berdiri di hadapan ribuan orang lalu memberi salam.

"Beliau menyampaikan sambutan, beliau juga baru menyampaikan assalamualaikum, kemudian gini (salam dua jari), langsung ambruk dan jatuh di pangkuan saya," kata Jokowi usai ziarah ke makam Nanang di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (3/7/2014).

Bagi Jokowi, Nanang adalah seorang tokoh besar di Jabar. Nanang juga menjadi tokoh muslim dan pendidikan yang jadi teladan.

"Kita semua merasa sangat kehilangaan," terangnya.

Teten Masduki yang tadi malam ikut dalam rombongan Jokowi pun bercerita soal kejadian. Awalnya mereka sempat hendak berbuka bersama, namun tidak sempat.

"Jadi kan awalnya memang kita mau buka puasa dan tarawih di tempat Haji Ma'soem. Tapi karena tidak sempat jadi saya telepon Haji Ma'soem kalau kita ke sana habis tarawih," ujad Teten di Holiday Inn.

Sambutan untuk Jokowi tadi malam begitu hangat. Begitu tiba, Haji Ma'soem mengajak Jokowi naik ke podium. "Nah kejadiannya pas di podium itu. Tiba-tiba Pak Nanang jatuh setelah memberikan sambutan singkat yang diakhiri salam dua jari," imbuh Teten.

Saat itu Jokowi langsung menangkap Haji Ma'soem agar tak jatuh ke lantai. Pada saat itulah Haji Ma'soem menghembuskan nafas terakhir.

(mad/ndr)