Ketika Bule Selandia Baru Unjuk Kebolehan Beratraksi Gamelan Jawa

- detikNews
Senin, 04 Nov 2013 20:19 WIB
KBRI Wellington
Wellington - Mahasiswa Universitas Victoria di Wellington, Selandia Baru mengikuti ujian akhir mata kuliah gamelan Jawa. Ada 20 orang mahasiswa negeri Kiwi itu yang mengikuti ujian. Dalam ujian itu, ditetapkan juga siapa penabuh gamelan terbaik.

Ujian gamelan ini berjalan cukup seru dan membuat deg-degan. Apalagi ketika Sam Bennett dan Helen Orourka mahasiswa 'bule' yang mahir memainkan Bonang Barung, Demung dan Saron beraksi di Adam Concert Hall, New Zealand School of Music (NZSM), Senin (4/11/2013).

Namun penampilan keduanya, cukup memukau hingga mendapatkan gamelan prize 2013. Secara keseluruhan, aksi ke-20 mahasiswa Selandia Baru tampil memikat dengan menggelar berbagai karya dalam tajuk Gong Galore 2013.

"Kita selayaknya turut bangga, melalui gamelan ini. Indonesia tidak saja dikenal tapi lebih dari itu, musik Indonesia diminati dan terus dipelajari kalangan akademis. Sejak dibuka mata kuliah gamelan di NZSM Universitas Victoria, tahun 1976, paling kurang telah dihasilkan sekitar 740 penabuh gamelan Jawa yang handal," kata Kepala Perwakilan/Kuasa Usaha KBRI Wellington PLE Priatna dalam keterangannya.

Priatna juga menyampaikan terima kasihnya kepada Budi Putra, WNI pengajar sekaligus penguji gamelan di Universitas Victoria serta para etnomusikolog NZSM Victoria Uni yang telah menularkan keahlian bermain gamelan, budaya Indonesia.

"Selama lebih dari 18 tahun, telah memasukkan gamelan menjadi mata kuliah wajib di perguruan tinggi prestisius ini," PLE Priatna.

Dalam rangka mengembangkan soft power diplomacy, KBRI Wellington bekerjasama dengan NZSM Victoria University, setiap tahunnya memberikan hadiah 'Gamelan Prize 2013' bagi mahasiswa terbaik peserta mata kuliah gamelan (PERF 250) ini.

"Gamelan menjadi alat komunikasi antar budaya yang efektif, untuk menjadi pintu masuk mencintai dan memahami Indonesia di Selandia Baru ini," timpal staf KBRI Wellington, Budi Putra yang juga dosen ini.

(ndr/gah)