ADVERTISEMENT

KPK Tak Juga Tahan Andi dan Anas, Ini Alasannya: Hati-hati

- detikNews
Senin, 16 Sep 2013 15:40 WIB
Jakarta - KPK kerap mendapat kritik dari masyarakat soal penahanan Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum. Dua orang itu sudah ditetapkan menjadi tersangka, tapi tak kunjung ditahan. KPK mengaku lebih mengutamakan kehati-hatian.

"Saya berharap dukung saja KPK. KPK tidak pernah diskriminatif, kita akan proses semuanya. Jadi jangan juga terlalu dipaksa-paksa akhirnya nanti kalau kita melakukan penuntutan kemudian ada kelemahan, dan akhirnya bisa lepas kan kita rugi semua," kata Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja di KPU, Jl Diponegoro, Jakarta, Senin (16/9/2013).

Mantan anggota Kompolnas ini menjamin, nanti KPK juga pada akhirnya akan melakukan penahanan. "Akan tiba saatnya, kan sudah tersangka," jelasnya.

Andi dan Anas sudah ditetapkan KPK menjadi tersangka terkait proyek Hambalang. Namun, waktu berlalu sejak penetapan tersangka beberapa waktu lalu, KPK tak juga melakukan penahanan.

"Yang pasti KPK tidak mau sampai kita melampaui batas waktu masa penahanan, kalau seandainya bukti masih kurang kita sudah tahan, waktu berjalan. Ketika waktunya sudah habis dan belum selesai proses pengadilan kan dia bisa dibebaskan, kalau dia bebas. Kita tidak mau mengambil risiko itu. Risiko itu tidak mau kita tempuh. Kita nggak mau buat sesuatu yang baru yang pada akhirnya kinerja KPK dianggap buruk," urainya.

"KPK harus hati-hati, kita tidak mau ambil risiko yang berdampak negatif bagi kita semua," tambahnya lagi.

(bal/ndr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT