DetikNews
2013/05/07 13:33:01 WIB

4 Tersangka Korupsi yang Punya Hubungan dengan Para Perempuan Cantik

- detikNews
Halaman 1 dari 5
4 Tersangka Korupsi yang Punya Hubungan dengan Para Perempuan Cantik dok Male & detikcom
Jakarta - Di Cina, yang aturan antikorupsinya sangat tegas, setiap pejabat yang tertangkap korupsi, hampir dipastikan memiliki pendamping perempuan lebih dari satu. Entah perempuan itu dijadikan simpanan atau dijadikan istri. Rupanya, gejala itu mulai merembet ke Indonesia. Siapa saja mereka?

Menurut laporan CNTV, situs berita online dan TV Cina, sekitar 95 persen pejabat yang kedapatan melakukan korupsi memiliki perempuan simpanan atau ernai<\/em> alias istri kedua, demikian dikutip dari allvoice.com, 19 Januari 2013. Kasus-kasus korupsi di Cina membuktikan bahwa para tersangka korupsi yang juga pejabat negara itu melakukan korupsi untuk membiayai para perempuan simpanan atau istri kesekiannya. Plus, anak-anaknya dari beberapa istri itu.

Contohnya, seperti dikutip dari Bloomberg, 3 Oktober 2012, Liu Zhijun, mantan menteri kereta api digulingkan pada tahun 2011 karena diduga menggelapkan uang setara jutaan dolar, memiliki setidaknya 18 perempuan simpanan. Bahkan, lembaga antikorupsi Cina menangkap seorang pejabat Biro Pertanahan di salah satu provinsi yang memiliki 47 perempuan simpanan, seperti dikutip dari Guardian, 5 Januari 2013.

Juga salah satu pejabat perumahan di Zhengzhou, Provinsi Hunan, yang diketahui korupsi memiliki sekitar 20-an anak dari beberapa istri. Pejabat itu memiliki 11 flat, dan adiknya yang baru 27 tahun memiliki 14 flat. Keluarga pejabat itu pun ikut diinvestigasi. Termasuk deputi pejabat di Provinsi Shanxi yang memiliki 10 anak dari 4 istri, demikian dikutip NYT.com, 25 Desember 2012.

Namun, lembaga antikorupsi Cina juga cerdik. Dalam beberapa kasus, korupsi justru terungkap dari para perempuan simpanan ini. Untuk itu, lembaga antikorupsi Cina mendekati para perempuan simpanan ini untuk menjadi whistleblower<\/em> kasus korupsi.

Di Indonesia, gejala antara korupsi dengan perempuan lebih dari satu makin tampak. Apalagi, sudah ada UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang bisa melacak aliran dana dan harta tersangka korupsi. Nah siapa saja tersangka korupsi yang berhubungan dengan para perempuan cantik ini?


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed