Gubernur Riau Rusli Zainal Batalkan Apel Akbar

- detikNews
Senin, 11 Feb 2013 02:53 WIB
Rusli Zainal
Pekanbaru, - Gubernur Riau, Rusli Zainal batal menggelar apel akbar yang melibatkan masyarakat. Alasan pembatalan dikarenakan tersangka kasus dugaan korupsi PON ini khawatir apel akan dianggap sebagai pengerahan massa.

Apel hari ini, Senin (11/2/2013), hanya kegiatan rutin biasa yang diikuti pegawai negeri di lingkungan Pemprov Riau.

"Nanti salah-salah saya disebut melakukan pengerahan massa. Musibah ini sudah demikian berat untuk saya dan keluarga, jadi jangan ditambah-tambah. Saya tak ingin ada lagi fitnah di tengah musibah," kata Rusli dalam keterangan pers tertulis, Minggu (10/2/2013).

Rusli menjelaskan, apel yang sebelumnya direncanakan untuk membuktikkan dirinya tetap bertanggung jawab terhadap masyarakat. Dia ingin menegaskan dirinya tidak berupaya kabur karena terkait perkara di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Kendati apel akbar dinyatakan dibatalkan, namun bila warga tetap datang, politisi Golkar ini berpesan agar menjaga kondisi keamanan.

"Saya menyarankan, rakyat lebih baik melihat dari media saja. Pintu kantor gubernur akan tetap terbuka. Namun saya bermohon, tetaplah jaga ketertiban dan jaga keamanan bersama. Tidak ada sebenarnya yang spesial dari apel pagi ini, karena memang rutin saya lakukan selama ini, " kata Rusli.

Dalam kasus PON Riau, Rusli dikenakan dua delik pidana terkait penerimaan dan pemberian dalam pembahasan Perda. KPK juga mengeluarkan surat perintah penyidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam pengesahan badan kerja usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada tanaman industri tahun 2001-2006.

(cha/fdn)