ADVERTISEMENT

Foke Minta Sungai Sampah di Jaktim Dibersihkan Bersama

- detikNews
Senin, 10 Sep 2012 17:27 WIB
Jakarta - Sungai sepanjang 5 km di Jakarta Timur dipenuhi dengan sampah. Alhasil sungai itu juga dihuni lalat dan belatung. Nah, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta agar sampah di sungai itu dibersihkan bersama-sama.

"Bersihkan sama-sama," ujar pria yang akrab disapa Foke ini usai pembukaan turnamen taiji dan qigong yang merupakan senam pernafasan ala China, di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (10/9/2012).

Menurutnya usaha konkret yang pasti dilakukan Pemprov DKI adalah menjalin kerja sama dengan berbagai kalangan untuk membersihkannya. "Itu sudah pasti," ucapnya

Sungai sampah itu berada di Batu Ampar, Kramatjati, Jaktim. Sungai sampah itu ada di sepanjang 5 RW, mulai dari RW 1 sampai RW 6. Awalnya hanya ratusan meter, namun sekarang jadi sampai 5 km,

Sejatinya, sungai sampah itu adalah Kali Kecil. Air Kali Kecil ini merupakan air yang mengalir ke Cililitan kemudian ke Sungai Ciliwung. Tapi kini, air sudah hilang lenyap dari Kali Kecil. Menurut Antun Mat Sani (70), tokoh masyarakat RT 01/08 sungai sampah ini muncul karena kenakalan warga sekitar dan sejumlah pemotor yang melintas membuang sampah.


(vit/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT