detikNews
Selasa 05 November 2019, 17:15 WIB

Anggota Dewas KPK Dilantik Desember, Mahfud: Saya Tak Beri Nama

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Anggota Dewas KPK Dilantik Desember, Mahfud: Saya Tak Beri Nama Mahfud Md (Rolando/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK bersamaan dengan komisioner KPK baru pada Desember mendatang. Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan anggota Dewas untuk pertama kalinya memang langsung ditunjuk Jokowi tanpa Pansel.

"Menurut UU, pertama kali itu Dewan Pengawas dipilih oleh Presiden. Paling lambat bersamaan dengan pelantikan komisioner yang baru KPK," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).



Dia mengaku tak terlibat proses pemilihan karena hal tersebut merupakan kewenangan Jokowi selaku presiden. Dia juga mengatakan tak memberikan nama ke Jokowi.

"Nggak (terlibat), nggak. Saya juga nggak memberi nama," ucap Mahfud.



Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman, mengatakan Dewas KPK akan diambil dari unsur hukum dan nonhukum. Fadjroel membuka peluang adanya pensiunan penegak hukum yang masuk menjadi Dewas.

"Sangat dimungkinkan, kalau pensiun boleh dong masuk di dalamnya. Tentu yang tidak aktif kan," kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (5/11).


Simak juga video "Jokowi Akan Lantik Dewan Pengawas KPK Bulan Desember" :

[Gambas:Video 20detik]


(rfs/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com