Ditanya Calon Menteri dari Golkar, Bamsoet: Nanti Tanya Kalau Saya Jadi Ketum

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 12 Jul 2019 16:33 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Tsarina/detikcom)
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) sempat dimintai tanggapan soal menteri muda dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bamsoet pun menjawab dengan candaan agar kembali bertanya saat dirinya menjadi Ketum Golkar.

"Nanti tanyanya kalau saya jadi Ketum Golkar ya, ha-ha-ha...," kelakar Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).



Kendati demikian, Bamsoet mendukung langkah Jokowi menggandeng generasi muda dalam kabinetnya. Dia juga mendukung nama Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Dito Aritedjo untuk diajukan Golkar ke Jokowi.

"Bagus, menurut saya dia (Dito Ariotedjo) salah satu yang layak diajukan oleh Partai Golkar. Tapi yang pasti hak otoritasnya ada di ketum," katanya.

Bamsoet menilai Dito memiliki kompetensi dan integritas untuk diajukan sebagai menteri muda. Mengingat Dito saat ini menjabat Ketua AMPI.

"Ketua Umum AMPI pasti punya (kompetensi dan integritas). Kalau nggak, nggak akan jadi Ketua Umum AMPI. Saya sepakat," ujar Bamsoet.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan akan memasukkan sosok anak muda ke kabinet pemerintahan periode keduanya, 2019-2024. Dia bahkan sudah meminta partai politik (parpol) koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin menyetorkan nama calon menteri dari kalangan muda.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga," kata Jokowi saat ditemui wartawan di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (12/7).



Namun, jika parpol tidak bisa memenuhi permintaan tersebut, Jokowi sendiri yang akan mencari sosok anak muda untuk menjadi menterinya.

"Kalau nggak ada dari partai, kita cari sendiri dari profesional. Profesional muda kan banyak banget profesional-profesional muda," katanya.




Simak Juga 'Ketum Golkar Tetap Airlangga atau Bamsoet, Ini Kata Pengamat':

[Gambas:Video 20detik]




Simak Video "Canda Jokowi: Kalau Bamsoet Jangan Dikasih Sepeda, Udah Punya Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(azr/mae)