Dermaga Baru di Pelabuhan Merak Dites Saat Mudik Natal

Dermaga Baru di Pelabuhan Merak Dites Saat Mudik Natal

M Iqbal - detikNews
Selasa, 18 Des 2018 17:07 WIB
Dermaga 7 diuji coba. (Iqbal/detikcom)
Dermaga 7 diuji coba. (Iqbal/detikcom)
Cilegon - Dermaga baru, yakni dermaga 7 Pelabuhan Merak, Banten, mulai diuji coba untuk menghadapi angkutan Natal dan tahun baru. Dermaga baru itu sengaja dioperasikan lantaran dermaga 4 mengalami kerusakan.

Tahap pembangunan dermaga 7 saat ini mencapai 75 persen. Namun 25 persen sisanya akan rampung sebelum masa mudik Lebaran 2019.

"Untuk pembangunan dermaga 7 sudah hampir rampung dari sisi laut itu sudah hampir rampung 100 persen, dari sisi darat site ramp saja yang belum. Mungkin dalam waktu dekat pengerjaan site ramp dikerjakan insyaallah di 2019 nanti sebelum angkutan Lebaran sudah selesai," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni kepada wartawan, Selasa (18/12/2018).



Sejak pagi tadi, dua kapal milik ASDP melakukan uji coba sandar di dermaga 7. Dua kapal di antaranya, dikatakan Fahmi, berkapasitas di bawah 5.000 gross ton (GT). Dalam uji coba tersebut, kapal yang bersandar belum terlalu rapi lantaran terkendala cuaca buruk.

"Kalau kondisi uji coba ini kan baru pra ya, kita uji coba kapal-kapal kecil di bawah 5 ribu (GT), seperti Jatra. Kalau sudah haluan sudah bagus. Karena ada kendala cuaca kurang bersahabat, tapi kita akan uji coba lagi besok," ujarnya.

Untuk angkutan Natal dan tahun baru kali ini, pihak ASDP berharap membeludaknya penumpang dapat teratasi dengan adanya pengoperasian dermaga baru tersebut. (rvk/asp)