DetikNews
Rabu 07 November 2018, 22:05 WIB

Dana Bansos 2019 Naik, Ini Cara Kemensos Tekan Angka Kemiskinan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Dana Bansos 2019 Naik, Ini Cara Kemensos Tekan Angka Kemiskinan Foto: Detikcom
Jakarta - Dana bantuan sosial (bansos) untuk tahun 2019 rencananya akan naik. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kenaikan dana bansos ini merupakan komitmen pemerintah agar mempercepat pengurangan angka kemiskinan.

"Yang menjadi alasan adalah komitmen dari pemerintah di bawah Presiden Jokowi untuk melakukan percepatan-percepatan terhadap pengurangan angka kemiskinan atau istilah saya perang terhadap kemiskinan," kata Agus saat menghadiri Bimbingan Teknis yang digelar Kementerian Sosial di Hotel Harris Surabaya, Rabu (7/11/2018).



Agus mengatakan peningkatan ini merupakan salah satu kepercayaan pemerintah kepada Kementerian Sosial untuk mengelola dana yang besar.

"Ini menandakan bahwa ada kepercayaan dari pemerintah untuk memberi amanah kepada Kementerian Sosial dengan menempatkan anggaran yang begitu besar sekitar Rp 50 triliun untuk bansos untuk disalurkan," lanjut Agus.

Dalam hal ini, Agus mengatakan pemerintah mengakui jika Kementerian Sosial memiliki kontribusi tinggi dalam mengurangi kemiskinan. Maka dari itu, tak segan dalam menyalurkan dana bantuan ini.

"Artinya pemerintah secara langsung atau tidak langsung sudah mengakui bahwa kontribusi atau peran Kementerian Sosial untuk menekan atau mengurangi Angka kemiskinan itu sudah terbukti," pungkasnya.



Menurutnya salah upaya untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia melalui program pengurangan kemiskinan dan pengentasan kemiskinan.

Menurut Agus dua hal ini berbeda. Misalnya saja dalam program pengentasan kemiskinan, pihaknya melakukan upaya pemberdayaan melalui pendampingan langsung kepada masyarakat.

"Program pengentasan kemiskinan itu pada dasarnya adalah pemberdayaan karena kita berikan pendampingan pendampingan mengenai ekonomi," kata Agus.

Dalam menjalankan program pengentasan kemiskinan, Agus mengatakan pihaknya menggelar kegiatan bimbingan teknis. Kegiatan ini dihadiri ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Agus menambahkan ada ratusan kader Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang dipersiapkan untuk mendampingi masyarakat. Pendampingan ini penting untuk membantu mengentas kemiskinan.

"Di sini ada berkumpul teman-teman yang kita sebut dengan pendamping Kube. Jadi mereka betul-betul kita persiapkan agar nanti ketika mereka terjun di tengah-tengah masyarakat bisa benar-benar menjalankan tugasnya secara baik," papar Agus.

Sementara itu, Agus mengatakan pemerintah memiliki target menurunkan angka kemiskinan di bawah 9,5%. Target ini diharapkan bisa terjadi pada penghujung tahun 2019.

"Di penghujung tahun 2019, angka kemiskinan bisa kita tekan menjadi 9,5%. Itu paling tinggi, kita optimis bahwa angka kemiskinan pada tahun 2019 bisa di bawah 9,5%. Ini adalah persiapan-persiapan melalui bimbingan-bimbingan teknis," pungkasnya.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed