detikNews
Senin 29 Oktober 2018, 09:36 WIB

Ralat Berita

Golkar Ungkit OK OCE DKI

Tsarina Maharani - detikNews
Golkar Ungkit OK OCE DKI Ketua DPP Golkar Ace Hasan Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengatakan sejelek-jeleknya ekonomi RI akan masuk 7 besar dunia pada tahun 2030. Partai Golkar menyinggung program OK OCE Sandi di DKI Jakarta yang dinilai gagal.

"Ekonomi Indonesia akan paling jelek seperti yang disampaikan Sandiaga Uno kalau yang mengelola ekonominya seperti Sandiaga Uno mengelola Program OK OCE yang gagal di DKI Jakarta. Gagal total," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan kepada wartawan, Senin (29/10/2018).

"Janji bahwa Program OK OCE akan melahirkan ribuan wirausahawan dan mendorong produktivitas ekonomi di DKI Jakarta, ternyata hanya beberapa gerak OK OCE yang dibangun di Jakarta," lanjut dia.

Ace mempertanyakan data yang digunakan Sandi sebagai dasar prediksi itu. Ia membeberkan sejumlah lembaga konsultan ekonomi justru memprediksi perekonomian Indonesia bakal berjaya pada 2030.

"Lembaga audit dan konsultan ekonomi Pricewaterhouse Coopers (PWC) memprediksi bahwa Ekonomi Indonesia bisa mencapai peringkat 5 dunia dan mengungguli ekonomi Rusia maupun Jerman. Dalam laporan bertajuk The Long View How will the global economic order change by 2050 yang dirilis pada Februari 2017, perekonomian Indonesia (Produk Domestik Bruto/PDB) akan mencapai US$ 5,42 triliun atau sekitar Rp 72 ribu triliun pada 2030. Laporan itu memeringkati negara berdasarkan proyeksi produk domestik bruto (PDB) global dari purchasing power parity (PPP)," paparnya.

Selain lembaga PWC, Ace mengutip data riset McKinsey Global Institute yang menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan paling stabil di dunia. Selain itu, ia juga merujuk data Bank Dunia.

"Demikian juga dengan prediksi yang dilakukan oleh Bank Dunia yang menggambarkan Indonesia akan menjadi negara 10 besar di dunia jika pengelolaan ekonominya stabil seperti yang dilakukan selama ini oleh Presiden Jokowi dengan membangun Infrastruktur, mendorong sektor manufaktur, menjaga keseimbangan neraca perdagangan, pengendalian inflasi yang terukur dan meningkatakan pendapatan rakyat dengan sebaik-baiknya," jelas Ace.

Karena itu, Ace meminta Sandi menghentikan kampanye negatif. Ia berharap Sandi dapat membangkitkan optimisme rakyat.

"Jadi, Pak Sandiaga Uno sudahlah, hentikan narasi negatif bahkan cenderung ke arah kebohongan. Buat rakyat semakin optimis terhadap bangsa ini. InsyaAllah, Pak Jokowi akan membawa ekonomi Indonesia akan menghantarkan menjadi Indonesia Maju seperti yang dipredikai PWC, McKinsey, dan Bank Dunia," tuturnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno berbicara tentang kondisi ekonomi RI di acara Milad PKS Muda. Sandi menyebut ekonomi RI bisa menjadi paling buruk di dunia pada 2030.

"Kita tahu ekonomi kita memberikan suatu potensi luar biasa. Saya nggak mau ngomong sesuatu hal yang negatif atau menimbulkan pesimisme. Tapi ekonomi kita akan tumbuh menjadi ekonomi paling jelek tujuh besar dunia di 2030," kata Sandi di Kantor DPP PKS, Jl Tb Simatupang, Jaksel, Minggu (28/10).

(Judul berita ini telah diubah. Sebelumnya berita ini berjudul "Sandi Sebut Ekonomi RI Jelek di 2030, Golkar Ungkit OK OCE DKI" pada pukul 16.05 WIB. Ada kesalahan reporter memahami konteks pernyataan Sandiaga. detikcom meminta maaf atas dampak pemberitaan sebelumnya)


Saksikan juga video 'Indonesia Termasuk Raksasa Ekonomi Dunia, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed