DetikNews
Minggu 12 Agustus 2018, 16:15 WIB

Isu Aher Jadi Wagub DKI, Gerindra: Didiskusikan Usai Masa Idah

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Isu Aher Jadi Wagub DKI, Gerindra: Didiskusikan Usai Masa Idah Foto: Andre Rosiade (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Penarikan nama Ahmad Heryawan dari daftar caleg DPR 2019-2024 PKS memunculkan spekulasi terkait posisi wakil gubernur DKI Jakarta yang lowong usai Sandiaga Uno memutuskan mundur karena ikut Pilpres 2019. Apa kata Gerindra?

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade mengatakan, penunjukan wagub DKI pengganti Sandi diputuskan Gerindra dan PKS selaku pengusung di Pilgub DKI 2017. Akan ada diskusi antarpimpinan dua parpol tersebut dalam waktu dekat.

"Kan sekarang masih masa idah, tidak etis. SK Keppres pemberhentian Bang Sandi kan belum keluar dari presiden. Mari tunggu masa idah selesai baru kita selesaikan bersama-sama dengan PKS. Insyaallah akan ada diskusi dari PKS dan Gerindra untuk menentukan cawagub yang akan mendampingi Mas Anies," kata Andre, Minggu (12/8/2018).


Andre menyebut diskusi antara PKS dan Gerindra tentunya juga akan diikuti Anies Baswedan selaku gubernur DKI Jakarta. Masukan Anies disebut Andre akan sangat penting nantinya.

Bagi Andre, Gerindra juga punya kader yang mumpuni untuk mengisi jabatan wagub DKI. Kader itu bernama M Taufik, ketua DPD Gerindra DKI Jakarta. Taufik saat ini duduk sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta.

"Kalau dari Gerindra, kader yang kita gadang-gadangkan Bang M Taufik. Di PKS, kita dengar ustaz Mardani. Akan ada musyawarah, kita kan sekutu segajah. Insyaallah kita akan putuskan bersama-sama dan mendengar masukan Mas Anies," jelas Andre.


Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yang merupakan Ketua Timses Anies-Sandi pada Pilgub DKI Jakarta 2017 jadi salah satu kandidat. Mundurnya Aher dari proses pencalegan DPR RI karena mendapat tugas khusus memicu spekulasi kalau gubernur demisioner Jawa Barat itu akan mengisi posisi tersebut.

"Belum (dengar) dan mungkin saja," ucap Mardani.


Gerindra Ikhlas Serahkan Kursi Wagub DKI ke PKS, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


Isu Aher Jadi Wagub DKI, Gerindra: Didiskusikan Usai Masa Idah

(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed