DetikNews
Jumat 06 Juli 2018, 08:57 WIB

Viral 2 Anak Ditolak Daftar SMP di Medan karena Tak Ada KK

Niken Purnamasari - detikNews
Viral 2 Anak Ditolak Daftar SMP di Medan karena Tak Ada KK Foto: Screenshot Video Twitter
Medan - Dua anak mengungkapkan keinginannya untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke SMP di Medan. Namun langkah mereka terganjal karena keluarga tak dapat mengurus kartu keluarga (KK) hingga akhirnya ditolak pihak sekolah.

"MIRIS NYA NEGRIKU INDONESIA* Nasib Anak2 Negeri,meski ditolak mendaptar ke sekolah SMP Negeri karena kedua orang tuanya gagal mengurus KK dan KTP, paling menyakitkan lagi malah di tolak mengurus Kartu Keluarga di Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan," cuit akun @pecinta_HRS di Twitter, dilihat detikcom pada Jumat (6/7/2018).



Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Hasan Basri menjelaskan SMP yang viral tersebut yakni SMP Negeri 9 Medan. Pihak kepala sekolah melakukan klarifikasi.

Berikut pernyataan dari Kepala SMP Negeri 9 Medan yang didapat detikcom dari Hasan Basri:

Sehubungan dengan beredarnya video PPDB SMP Negeri 9 Medan di media sosial, kami klarifikasi beberapa hal

1. Tidak benar kami menolak siswa yang tidak punya kartu keluarga untuk mendaftar di SMP Negeri 9 Medan, kami sekadar mengingatkan bahwa tanpa kartu keluarga maka nilai zonasi adalah 0.

2. Kalaupun tanpa kartu keluarga tetap kami terima mendaftar di SMP Negeri 9 Medan

3. Kartu keluarga yang belum berumur 6 bulan tetap kami terima dengan diperjelas dengan KTP. Apabila kartu keluarga dengan KTP sama dan usia KTP lebih tua dari krtu keluarga tetap kami terima

4. Penerimaan siswa di SMP Negeri 9 Medan dari jalur RMP, ABK berjumlah 11 orang dilihat dari KKS/ KIP diranking dengan nilai SKHUSBN

5. Kami SMP Negeri 9 Medan tidak benar menolak keluarga miskin/ RMP kalau memiliki data yang jelas

Sebagai bahan pertimbangan Bapak kami telah melakukan klarifikasi dengan pihak LPMP dan Kabid Pendidikan Dasar. Kami juga tela membuat klarifikasi dengan Dirjen GTK Bapak Hamid Muhammad melalui WA sesuai dengan petunjuk Bapak Kepala LPMP Drs H. Afrizal Sihotang, M.Si.

Demikian surat klarifikasi ini kami sampaikan kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan kami mohon petunjuk selanjutnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Kepala SMP Negeri 9 Medan

Samrin Alim
(nkn/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed