detikNews
Jumat 22 Juni 2018, 17:23 WIB

Sebab Prabowo Galang Dana, Gerindra: Sumber Dana Kami Terbatas

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sebab Prabowo Galang Dana, Gerindra: Sumber Dana Kami Terbatas Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meluncurkan gerakan penggalangan dana @GALANGPERJUANGAN untuk perjuangan politik. Gerindra mengakui gerakan itu dilatarbelakangi keterbatasan dana yang dimiliki partainya untuk menghadapi Pilpres 2019.

"Jujur saja bahwa perjuangan yang besar, perjuangan yang berat, memerlukan dana perjuangan yang besar. Dan kemampuan kami untuk membiayai perjuangan ini terbatas. Sumber dana kami juga terbatas," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (22/6/2018).


Muzani mengatakan sumber dana yang terbatas tersebut tidak diimbangi dengan biaya politik yang harus ditanggung partainya. Jadi, pihaknya harus melakukan cara-cara seperti penggalangan dana.

"Ya kami menyampaikan ini sebagai sebuah keadaan yang sebenarnya ya kami jujur saja kita memiliki cita-cita yang tulus, kita memiliki semangat, kita memiliki pembiayaan politik yang besar yang harus bisa digotong bersama-sama," tuturnya.


"Dan kalau kemudian kalau kader Gerindra simpati, orang-orang yang berempati bisa memberikan support dukungan dalam bentuk dana, berapa pun besarnya tentu kami akan sangat bergembira dan berterima kasih dan merasa mendapatkan kehormatan yang besar. Itulah kira-kira," lanjut Muzani.

Ia mengungkapkan dana yang berasal dari kolektif para anggota Dewan kader Gerindra juga tidak mencukupi kebutuhan biaya politik partainya. Dari dana tersebut, kata Muzani, hanya terkumpul sekitar 20 persen dari total pembiayaan yang dikeluarkan partainya.


"Jumlahnya kurang-lebih 20 persen dari total pembiayaan kami. Jumlah itu tentu saja sebagian besar digalang oleh sumber-sumber lain," kata Muzani.

Selain untuk memenuhi logistik menjelang Pilpres 2019, Muzani mengatakan penggalangan dana ini juga untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif. Hal itu juga untuk membangun kebersamaan masyarakat dengan partainya.


Tak hanya itu, penggalangan dana ini juga diharapkan dapat mendorong naiknya elektabilitas Prabowo.

"Semakin orang merasa dalam barisan dan rasa cita-cita yang sama, akan semakin kuat perjuangan kami atau juga kebersamaan kami dengan mereka dalam hal berkontribusi juga bisa menjadi sebuah kebersamaan, dan bisa memperkuat posisi kami," tuturnya.

Sebelumnya, Prabowo meluncurkan aplikasi gerakan donasi @GALANGPERJUANGAN untuk perjuangan politik. Prabowo mengumumkan peluncuran gerakan tersebut melalui akun Facebook-nya.


Dilihat detikcom di akun Facebook Prabowo Subianto, Jumat (22/6), Prabowo mengunggah video berdurasi 19 menit 46 detik terkait peluncuran gerakan tersebut. Video itu diunggah juga dengan menuliskan deskripsi berjudul 'Prabowo Subianto Umumkan Gerakan Donasi @GALANGPERJUANGAN'.

"Pada hari ini, Kamis, 21 Juni 2018, saya Prabowo Subianto, melalui akun Facebook ini secara resmi saya umumkan peluncuran sebuah aplikasi sarana penggalangan dana yang secara khusus diperuntukkan guna mendukung perjuangan politik kita demi perbaikan kondisi Bangsa, Negara, dan Rakyat Indonesia," tulis Prabowo dalam catatan pengantar video tersebut.


Saksikan juga video 'Prabowo Galang Dana untuk Ongkos Politik, PKS: Kreatif!':

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed