DetikNews
Kamis 26 April 2018, 16:17 WIB

5 SMP di Bekasi Numpang UNBK di SMK Binakarya Mandiri

Isal Mawardi - detikNews
5 SMP di Bekasi Numpang UNBK di SMK Binakarya Mandiri Foto: Isal Mawardi
Bekasi - Lima sekolah setingkat sekolah menengah pertama terpaksa menumpang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Binakarya Mandiri, Kota Bekasi. Keterbatasan sarana laptop untuk ujian menjadi salah satu penyebab para siswa di lima sekolah itu menumpang ujian.

"Mereka kekurangan sarana dan prasarananya, perangkatnya tidak punya. Jadi mengajukan permohonan untuk melaksanakan UNBK di kita (SMK Binakarya Mandiri)," kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Binakarya Mandiri Ismail Saleh saat ditemui detikcom di SMK Binakarya Mandiri, Rawalumbu, Kota Bekasi, Kamis (26/4/2018).

SMK Binakarya MandiriSMK Binakarya Mandiri (Foto: Isal Mawardi)

Kelima sekolah yang menumpang ujian itu adalah MTs As-Subkiyah, MTs Al-Mu'liyah, MTs Nurul Ikhlas, SMPN 16 Kota Bekasi, dan SMPN 4 Tambun Selatan. Menurut Ismail, para pelajar dari lima sekolah itu menumpang ujian di SMK Binakarya Mandiri sejak hari pertama UNBK.

"(Total siswa yang menumpang ujian) 1.328 siswa, dibagi tiga sesi, yaitu pukul 07.30 WIB, pukul 11.30 WIB, dan pukul 12.00. Waktunya (lama ujian) 2 jam," katanya.

SMK Binakarya Mandiri sendiri memiliki 480-an komputer. Sekitar 95 persen komputer tersebut, kata Ismail, adalah milik SMK Binakarya Mandiri dan sebagian merupakan bantuan dari pemerintah.

"Bantuan ortu murid nggak ada, ini semua operasional dan sarana kita fasilitasi sendiri, jangan sampai mereka (siswa) susah untuk ujian, biar Indonesia tahu kita peduli terhadap pendidikan," sambungnya.


SMK Binakarya juga memiliki fasilitas gedung yang cukup memadai untuk menampung para siswa dari sekolah lain. Guru-guru SMK Binakarya juga ikut mengawasi kegiatan UNBK di sekolah tersebut.

"Kita punya tiga gedung, Kampus C (10 ruang) buat UNBK, Kampus A (ada) dua ruang buat UNBK dan sebagian ruangan buat belajar-mengajar SMK Binakarya, Kampus B seluruh ruangan buat belajar-mengajar SMK Binakarya. Satu kelas isinya 30-40 komputer, jadi satu sesi ada 450 murid," tuturnya.

Meski banyak siswa yang menumpang, proses ujian di SMK Binakarya berjalan lancar tanpa hambatan. "Alhamdulillah lancar, kita bersyukur kepada Allah, listrik dan server lancar tanpa kendala," lanjutnya.

Komputer di ruang ujian SMK Binakarya MandiriKomputer di ruang ujian SMK Binakarya Mandiri (Foto: Isal Mawardi)

Pihak sekolah yang menumpang ujian di SMK Binakarya sudah beberapa kali datang sebelum ujian digelar. Mereka juga mengikuti simulasi ujian di SMK Binakarya.

"Mereka yang saat ini UNBK di SMK Binakarya telah beberapa kali mengunjungi sekolah ini sebelum UNBK. Kita melayani prasimulasi (belajar memasukkan username dan password), simulasi pertama (belajar login, memasukkan username, password, baca soal, logout), simulasi kedua (mengenal token), tryout, sampai UNBK. Jadi siswa juga sudah terbiasa saat melaksanakan UNBK," paparnya.



(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed