DetikNews
Kamis 19 April 2018, 15:00 WIB

Survei Indo Barometer, Ridwan-Uu Unggul di Pilgub Jabar

Tsarina Maharani - detikNews
Survei Indo Barometer, Ridwan-Uu Unggul di Pilgub Jabar Foto: Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. (Tri Ispranoto/detikcom).
Jakarta - Indo Barometer merilis survei elektabilitas pasangan di Pilgub Jawa Barat 2018. Hasil survei menyatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berhasil mengungguli tiga pasangan lain yang ikut berkontestasi di Pilkada Jabar 2018.

Hasil survei dipublikasikan di Hotel Harris Suites FX Sudirman, Jl Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Survei dipaparkan langsung oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.


[Gambas:Video 20detik]



Pasangan Ridwan-Uu berhasil memperoleh suara sebesar 36,7 persen dalam pertanyaan tertutup simulasi surat suara. Perolehan suara itu kemudian disusul oleh pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi sebesar 31,3 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 5,4 persen, dan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 3,4 persen. Sementara itu, sebanyak 23,3 persen responden belum/tidak memilih.

"Ini hasil perolehan ketika dikasih simulasi surat suara. Ridwan-Uu unggul. Tapi banyak yang belum jawab, masih banyak yang cair nih," ucap Qodari dalam rilis survei 'Dinamika dan Proyeksi Pilkada Jawa Barat'.

Survei Indo Barometer, Ridwan-Uu Unggul di Pilgub JabarFoto: Rilis survei Indo Barometer. (Tsarina Maharani/detikcom).

Survei dilakukan di seluruh wilayah Jabar, meliputi 27 kabupaten/kota pada 20-26 Maret 2018. Populasi survei adalah WNI Provinsi Jabar dan sudah memiliki hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Jumlah sampel pada survei sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar +- 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Teknik pengumpulan data yang digubakan ialah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Dalam pertanyaan terbuka, tingkat keterpilihan 4 pasangan cagub-cawagub Jabar ini menduduki peringkat yang sama. Pasangan Ridwan-Uu tetap tampil unggul.


Pilihan pasangan cagub-cawagub Jabar dengan pertanyaan terbuka adalah sebagai berikut:

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 17,7%
Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 13,4%
Sudrajat-Ahmad Syaikhu 3,3%
TB Hasanuddin-Anton Charliyan 14,1%
Pasangan lainnya 14,1%
Tidak tahu/tidak jawab 51,0%
(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed