DetikNews
Kamis 12 April 2018, 06:15 WIB

Prabowo Siap Nyapres, tapi Belum Kantongi 'Tiket'

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Prabowo Siap Nyapres, tapi Belum Kantongi Tiket Foto: Prabowo Subianto yang siap jadi capres 2019 (Instagram Prabowo)
FOKUS BERITA: Prabowo Siap Nyapres
Jakarta - Siap menjadi calon presiden di Pilpres 2019, itulah sikap yang diambil Ketum Gerindra Prabowo Subianto dari hasil Rakornas Gerindra semalam. Mengaku siap, Prabowo masih dihantui peluang gagal nyapres andai tak menggenggam 'tiket'.

Siap saja tak cukup mengantarkan Prabowo ke gelanggang pemilihan presiden mendatang. Prabowo mesti mendapatkan dukungan dari partai politik pemilik suara hasil Pemilu 2014. Syarat di Undang-Undang Pemilu menetapkan pengajuan ambang batas capres sebesar 20%-25%. Gerindra punya modal 13% perolehan suara Pemilu 2014.


Alhasil, mau tak mau, Prabowo kudu mencari rekan koalisi. Gerindra menyadari soal 'tiket' Prabowo.

"Jadi Prabowo sampaikan siap berjuang untuk realisasikan apa yang jadi kehendak parpol dengan syarat dapat dukungan dari koalisi sekutu. Bukan sekutu lagi malah, tapi segajah," kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria.


Sejauh ini, PKS baru mengatakan secara lisan siap bersama Gerindra di Pilpres 2019. Belum ada deklarasi resmi. Pembahasan soal cawapres masih menjadi fokus dua partai ini yang menyebut diri mereka sebagai koalisi.

PKS menetapkan 9 nama untuk diusung sebagai capres/cawapres. Untuk posisi capres, jika berkoalisi dengan Gerindra, PKS pernah mengatakan mereka menyerahkan kepada Gerindra karena pertimbangan besaran suara Pemilu 2014.


Jika Gerindra-PKS berkoalisi, Prabowo punya 'tiket'. Di sisi lain, PAN juga dikabarkan merapat ke Prabowo. Kehadiran Ketum PAN Zulkifli Hasan di Rakornas Gerindra memantik spekulasi itu. Namun, buru-buru Zulkifli meluruskan sikap PAN jelang Pilpres 2019.

"Belum (ada keputusan berkoalisi dengan Gerindra). Masih jauh Belanda," kata Zulkifli.

Akankah Prabowo segera mendapat tiket Pilpres 2019?
(gbr/gbr)
FOKUS BERITA: Prabowo Siap Nyapres
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed