detikNews
Selasa 06 Maret 2018, 17:11 WIB

Ketum MUI: Di Islam Boleh, Mengapa UIN Larang Mahasiswi Bercadar?

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ketum MUI: Di Islam Boleh, Mengapa UIN Larang Mahasiswi Bercadar? Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin Foto: Sams/detikcom
Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mempertanyakan pelarangan pemakaian cadar di sejumlah kampus, termasuk Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Menurutnya pemakaian cadar bagus menurut ajaran Islam.

"Ini tentu kita harus mendengar dulu kenapa cadar itu dilarang. Secara Islam boleh, tapi ada aspek apa sehingga UIN itu melarang?" kata Ma'ruf di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Ma'ruf mengatakan, dirinya akan terlebih dahulu mendengarkan alasan larangan cadar bagi mahasiswi ini.




"Kita mendegar dulu alasannya apa. Kalau alasannya ada sesuatu yang masuk akal, kemaslahatan apa? Maka tidak boleh pakai cadar misalnya. Ada aspek apa, kita harus tahu dulu. Bahwa bercadar itu bagus menurut Islam, menutupi wajahnya. Tapi ada gangguan apa. Itu yang harus kita tahu," ujar Ma'ruf.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai peraturan yang melarang penggunaan cadar di kampus bisa mengganggu Hak Asasi Manusia (HAM).


"Itu hak pribadi ya. Seseorang yang mempunyai kepercayaan untuk menggunakan itu sebagai bagian dari ibadahnya. Mestinya bisa terkait HAM," kata Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/3/).
(nvl/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed