Horas! Jokowi Pakai Baju Adat Batak di Acara Dekranas

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 27 Sep 2017 11:02 WIB
Foto: Bagus/detikcom
Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar pameran bertajuk Kriyanusa di JCC, Senayan, Jakarta. Presiden Jokowi hadir untuk meresmikan acara tersebut.

Berbeda dengan peresmian acara kebanyakan, kali ini Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi memakai pakaian adat. Jokowi dan Iriana mengenakan baju adat Batak Toba Samosir pada Rabu (27/9/2017).

Baju adat ini pernah dipakai Jokowi saat menghadiri Karnaval Pesona Danau Toba 2016. Kebetulan waktu itu Bupati Samosir Rapidin Simbolon juga memberikan baju adat kepada Jokowi.
Horas! Jokowi Pakai Baju Adat Batak di Acara DekranasFoto: Bagus/detikcom

"Karena hari ini tema pakaian yang dipakai adalah Batak, saya ingin sampaikan salam dulu, horas!" kata Jokowi mengawali sambutannya.

Jokowi lalu mengatakan Indonesia memiliki beragam suku dan budaya. Jokowi sendiri berasal dari suku Jawa, tetapi kini dia memakai baju adat suku Batak.

"Perajin internasional saja suka mengambil inspirasi dari Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi memang beberapa kali tampil mengenakan pakaian adat. Bahkan saat peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini, seluruh menteri dan kepala lembaga lainnya diminta memakai baju adat untuk ikut upacara di Istana Merdeka. (bag/nvl)