DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 13:48 WIB

Ke Komnas HAM, Alumni 212 Adukan Perppu Ormas hingga Perkara HT

Hary Lukita Wardani - detikNews
Ke Komnas HAM, Alumni 212 Adukan Perppu Ormas hingga Perkara HT Foto: Presidium Alumni 212 menyambangi Komnas HAM. (Hary Lukita/detikcom)
Jakarta - Ketua Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo menyambangi kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat. Sambo ingin meminta rekomendasi Komnas HAM terkait hasil investigasi dugaan kriminalisasi ulama.

Sambo bersama sekitar 9 orang lainnya tiba di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13.20, Jumat (14/7/2017). Mereka langsung masuk ke ruang pengaduan Komnas HAM.

"Kedatangan kita kemari untuk meminta rekomendasi yang sudah dijanjikan, insyaallah hari ini rekomendasi sudah selesai, rekomendasi tentang investigasi kriminalisasi ulama yang lalu-lalu," kata Sambo kepada wartawan.

Presidium Alumni 212 menyambangi Komnas HAM.Presidium Alumni 212 menyambangi Komnas HAM. Foto: Hary Lukita/detikcom


Dari rekomendasi itu, pihaknya akan mengambil sikap dan mengajukan ke DPR maupun ke tingkat internasional atau masyarakat Indonesia bahwa telah terjadi pelanggaran HAM berat.

Selain itu, Sambo menuturkan pihaknya juga membuat beberapa pengaduan baru, yaitu menolak Perppu dan tentang rencana pemerintah dalam pembubaran HTI dan ormas lainnya.

"Dan pengaduan kita terhadap saudara Hermansyah, kita minta Komnas HAM membentuk tim investigasi khusus karena kami duga sangat erat dengan pembungkaman saksi ahli dari (kasus) chat Firza Husein dan Habib (Rizieq)," ujarnya.

Tidak hanya itu, mereka juga akan mengadukan soal Muhammad Hidayat yang melaporkan Kaesang Pangarep namun justru menjadi tersangka di kepolisian.

"Lalu Komnas HAM juga melakukan investigasi terhadap tokoh politik yang dikriminalisasikan, misal HT (Hary Tanoesoedibjo)" ujarnya.
(lkw/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed