detikNews
Kamis 08 September 2016, 23:36 WIB

Disambut Menkum Yasonna, Presiden Filipina Duterte Tiba di Indonesia

Elza Astari Retaduari - detikNews
Disambut Menkum Yasonna, Presiden Filipina Duterte Tiba di Indonesia Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto: REUTERS/Erik De Castro
Jakarta - Presiden Filipina Rodrigo Duterte malam ini tiba di Indonesia. Dalam kunjungan bilateral ini, Duterte dijadwalkan akan bertemu Presiden Joko Widodo.

Menggunakan pesawat kepresidenan Filipina, Duterte tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2016) malam. Dari video yang di-upload di akun Facebook pemerintah Filipina, Presidential Communications (Government of the Philippines), terlihat Menkum HAM Yasonna Laoly menyambut Duterte beserta rombongan.

Duterte datang ke Indonesia langsung dari Laos setelah menghadiri KTT ASEAN. Mengenakan kemeja berwarna pastel, Duterte langsung bersalaman dengan Yasonna dan staf kenegaraan RI. Tampak pula sejumlah pejabat TNI/Polri turut menyambut kedatangan orang nomor satu di Filipina itu.

Duterte tiba di Lanud Halim Perdanakusuma disambut oleh Menkum HAM Yasonna Laoly. Foto: Dok. @PresidentialCom
Begitu tiba di Halim, Duterte dan Yasonna tak langsung beranjak pergi. Keduanya sempat terlibat perbincangan di ruang transit VVIP Bandara Halim Perdanakusuma.

Dilansir dari akun Twitter pemerintah Filipina, @PresidentialCom, Kamis (8/9) malam, Duterte diketahui akan bertemu dengan Presiden Jokowi sebagai agenda pertamanya dalam kunjungan bilateral ke Indonesia selama dua hari itu. Duterte tampaknya cukup menanti-nantikan pertemuan tersebut.

"Setelah KTT ASEAN, saya akan melanjutkan kunjungan kerja saya ke Indonesia untuk membahas isu-isu bilateral yang akan berdampak pada hubungan kita (Indonesia dan Filipina)," ujar Duterte seperti dikutip detikcom dari @PresidentialCom, Kamis (8/9).

Filipina dan Indonesia telah menjalin hubungan sejak tahun 1951. Adapun kesepakatan bilateral yang sudah ditandatangani antara kedua negara meliputi perlindungan migran dan pekerja migran, kerjasama di bidang pendidikan kejuruan teknis dan pelatihan. Kemudian kerjasama dalam memerangi perdagangan gelap dan penyalahgunaan narkotika.

Duterte tiba di Lanud Halim Perdanakusuma disambut oleh Menkum HAM Yasonna Laoly. Foto: Dok. @PresidentialCom
Presiden Jokowi malam ini juga telah tiba di Jakarta setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Hangzhou, China dan Vientane, Laos. Jokowi bersama sejumlah menteri menghadiri KTT G20 dan KTT ASEAN dalam lawatan ke negara-negara tersebut.
(elz/dha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed