DetikNews
Senin 11 April 2016, 13:22 WIB

Hoax Or Not

Anggota Parlemen Ukraina Dilemparkan ke Bak Sampah

Rachmadin Ismail - detikNews
Anggota Parlemen Ukraina Dilemparkan ke Bak Sampah Foto: Andhika Akbaransyah
Jakarta -

Isu

"Di Ukraina Jika Anggota DPR Ga Becus Langsung Dibuang Ke Tempat Sampah, Kalau Di Indonesia….?" demikian salah satu judul sebuah situs yang beredar luas di facebook. Judul itu sungguh menarik, karena diisi juga dengan gambar seorang pria berjas dan berdasi dilemparkan ke bak sampah.

Artikel dan foto-foto itu beredar luas di media sosial sejak beberapa pekan lalu. Digambarkan, anggota DPR di dalam foto sudah tak dipercaya oleh rakyatnya. Si anggota parlemen dianggap tak becus kerja. Akhirnya masyarakat pun geram dan melemparkannya ke bak sampah.

Beberapa akun mengomentarinya dengan penuh semangat, sebagian ikut menghardik anggota DPR di Indonesia. Ada juga yang ingin melakukan hal yang sama pada anggota DPR yang terbukti tak bekerja maksimal untuk rakyat.

Benarkah foto dan cerita soal anggota DPR Ukraina yang dilempar ke bak sampah?


Investigasi

detikcom menelusuri asal usul foto tersebut lewat fasilitas google search images. Ternyata, itu berasal dari artikel lama tepatnya beredar pada 16 September 2014 lalu. Sejumlah media asing memuatnya, termasuk Daily Mail dan beberapa kantor berita lainnya. Videonya pun beredar luas di YouTube.

Disebutkan dalam artikel-artikel media asing, pria yang dilempar ke bak sampah adalah Vitaly Zhuravsky. Dia adalah mantan menteri di kabinet Presiden Viktor Yanukovich. Saat berita dibuat, dia menjabat sebagai anggota parlemen dari partai Pembangunan Ekonomi. Viktor disebut-sebut sebagai salah satu tokoh kontroversial.

Dalam video terlihat Vitaly dilemparkan ke bak sampah karena 'kecelakaan'. Kala itu, ada puluhan pendemo di depan gedung parlemen di Kiev. Nah, tiba-tiba melintas Vitaly yang hendak masuk ke dalam gedung. Melihat Vitaly, massa pun langsung mengerubutinya dan langsung mengangkatnya ke bak sampah.

Di tengah aksi itu, ada juga beberapa pendemo yang melempari Vitaly dengan sampah, bahkan ban mobil. Wajah Vitaly sempat ditahan oleh salah seorang pendemo ketika hendak bangkit. Sesekali dia mengiba dan meminta dibebaskan. Namun tak digubris. Aparat keamanan berseragam tentara kemudian mengamankannya.




Vitaly menjadi sorotan karena pada bulan Januari 2014 lalu membuat aturan kontroversial yang memperketat ruang gerak para pendemo anti-pemerintah. Di masa lalu, dia juga yang memberikan izin terkait UU Pencemaran Nama Baik.


Kesimpulan

Foto terkait anggota parlemen dibuang ke bak sampah di Ukraina adalah benar alias fakta. Dia dibuang karena tak becus kerja, namun akibat keputusannya yang kontroversial.


(mad/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed