Penjelasan Kedubes Amerika Serikat Terkait Peringatan Bom Thamrin

Salmah Muslimah - detikNews
Kamis, 14 Jan 2016 17:35 WIB
Foto: Ari Saputra
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Sempat ramai perihal adanya peringatan dari Kedubes Amerika Serikat (AS) terkait peringatan akan bom Thamrin, Jakarta. Tapi pihak Kedubes AS memberi klarifikasi peringatan yang diberikan sesudah bom terjadi. Bukan seperti informasi yang tersebar. Ada perbedaan waktu Indonesia dan AS.

Penjelasan Kedubes AS ini disampaikan lewat surat elektronik ke redaksi@detik.com, Kamis (14/1/2016).

Berikut penjelasan kedubes AS mengenai pemberitahuan darurat:

Setelah terjadinya serangan keji hari ini di Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan dua Pemberitahuan Darurat untuk warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Indonesia. Pemberitahuan Darurat tersebut dikirim melalui email, dari jaringan tanggap darurat yang menggunakan cap waktu (time stamp) "Greenwich Mean Time (GMT) + 7."

Email-email tersebut, yang dikirim pada 11:44 WIB dan 12:36 WIB, dikirim ke warga negara Amerika yang terdaftar dalam jaringan tanggap darurat, untuk memberikan mereka informasi mengenai perkembangan terkini dan informasi penting yang menyangkut keselamatan warga AS di luar negeri. Informasi yang terdapat dalam email-email tersebut juga telah diunggah ke situs web resmi Kedubes AS pada 12:16 WIB dan 13:04 WIB.

Seperti yang telah disampaikan oleh Dubes AS Robert Blake melalui Twitter, kami mengucapkan turut belasungkawa kepada para korban serangan keji ini beserta keluarga mereka, dan kami siap membantu mitra-mitra Indonesia kami.

(dra/dra)