DetikNews
Rabu 07 Januari 2015, 20:18 WIB

Tragedi AirAsia

Ini Koordinat Penemuan 3 Jenazah oleh Nelayan Pangkalan Bun

- detikNews
Ini Koordinat Penemuan 3 Jenazah oleh Nelayan Pangkalan Bun
Jakarta - Nelayan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, mengaku menemukan 3 jenazah diduga korban Pesawat AirAsia QZ8501 saat sedang melaut. Informasi tersebut diterima Posko Halim Perdanakusuma dari KRI Hasanuddin-366 melalui radio udara.

KRI Hasanuddin menyampaikan temuan 3 jenazah dari nelayan bernama Joko ke Posko Halim Perdanakusuma, Jaktim, Rabu (7/1/2015). Joko yang telah kembali ke Pangkalan Bun memberikan informasi bahwa rekan sesama nelayannya bernama Angga melihat 3 jenazah terapung di selatan Perairan Pangkalan Bun saat sedang menarik jaring.

Nelayan tidak dapat mengevakuasi temuan jenazah karena terbawa arus ke timur. Joko pun lantas berusaha menghubungi Basarnas untuk meminta bantuan namun tidak bisa sehingga KRI Hasanuddin yang berhasil menerima informasi itu meneruskannya ke Posko Halim agar bisa disampaikan ke Basarnas.

Dari informasi yang diterima, ada 3 koordinat penemuan jenazah. Koordinat penemuan jenazah pertama ada di S 04 08' 500" E 112 13' 500". Jenazah kedua di koordinat S 04 11' 50 E 112 15' 00". Sementara itu koordinat penemuan jenazah ketiga ada di S 04 14' 00" E 112 37' 00".

"Waktu penemuan diperkirakan dimulai siang hari dan terakhir sore hari. (Saat kejadian) nelayan sedang menarik jaring. Untuk korban jenazah berada di sekitaran posisi tersebut. Dari nelayan disampaikan bergerak kebawa arus menuju timur, korban hanyut terbawa arus ke arah timur," terdengar informasi dari KRI Hasanuddin melalui radio udara di Posko Halim.

Informasi hasil penemuan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Juru Radio Udara Posko Halim. Mereka telah melaporkannya ke Basarnas.

  • Ini Koordinat Penemuan 3 Jenazah oleh Nelayan Pangkalan Bun
  • Ini Koordinat Penemuan 3 Jenazah oleh Nelayan Pangkalan Bun

(ear/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed