Truk Angkut Mobil Tersangkut Rel, Jadwal KA di Kediri Sempat Tertunda

Andhika Dwi - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 17:57 WIB
Truk Angkut Mobil Tersangkut di Rel, Jadwal KA di Kediri Sempat Tertunda
Truk nyangkut rel KA di Kediri/Foto: Istimewa (Dok Stasiun Kota Kediri)
Kediri - Truk pengangkut mobil sempat tersangkut di perlintasan KA Kota Kediri. Akibatnya, jadwal keberangkatan kereta Kartanegara jurusan Malang - Purwokerto tertunda selama 35 menit.

Truk ini menyangkut di Perlintasan Jalur Lalu lintas (PJL) 286 Kelurahan Balowerti, Kecamatan Kota Kediri. Truk bernopol B 9190 UIV ini dikemudikan oleh Sariman, warga Desa Jembayat, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

"Jadwal keberangkatan kereta api Kertanegara jurusan Malang menuju Purwokerto terlambat selama 35 menit," kata Kepala Stasiun Kota Kediri Wahyudi Candra, kepada detikcom, Selasa (18/1/2022).

Selain mengganggu jadwal keberangkatan kereta api, peristiwa ini juga membuat kemacetan di jalan Diponegoro. Satlantas Polres Kediri Kota dan petugas PT KAI turun langsung untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi.

Proses evakuasi dilakukan selama satu jam. Petugas di lokasi langsung mendongkrak bodi truk hingga akhirnya truk pengangkut mobil bisa dipindahkan dari atas rel kereta api dengan ditarik mundur menggunakan truk gandeng.

Peristiwa ini diduga terjadi akibat sopir kurang memahami kondisi jalan. Sopir mengaku baru pertama kali melewati jalur tersebut.

"Sopir kurang memahami kondisi jalan, karena baru pertama kali melewati jalur tersebut, jadi bagian bawah truk tersangkut di perlintasan," kata Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP Pandri Simbolon.

Dia mengatakan proses evakuasi dibantu sejumlah instansi terkait hingga arus kembali lancar.

"Tadi memang benar ada kejadian truk tersangkut di atas rel. Tapi berkat sinergi instansi terkait, truk dapat dievakuasi dan arus kembali lancar," pungkasnya.

(fat/fat)