Hanya Pamekasan yang Masih PPKM Level 3 di Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 10:56 WIB
PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai 13 Desember, Ini Daftar Level Terbaru
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Surabaya - PPKM diperpanjang hingga 24 Januari 2022. Daerah di Jatim yang menerapkan PPKM level 3 tinggal Pamekasan.

Pamekasan menerapkan aturan level 3 sejak PPKM lalu, meski kasus COVID-19 aktif tinggal 2 pasien. Capaian vaksinasi di Pamekasan menjadi sorotan karena menjadi yang terendah di Jatim.

Dalam data yang diterima detikcom dari Satgas COVID-19 Jatim, capaian vaksinasi dosis pertama di Pamekasan masih 41,14 persen. Dosis kedua 21,49 persen dan dosis ketiga baru 0,38 persen.

Sementara itu, ada daerah yang turun dari level 3 ke level 2. Daerah itu yakni Sampang, Sumenep dan Bangkalan.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru terkait daerah Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM.

Daftar daerah yang menerapkan PPKM tertuang dalam Inmendagri Nomor 03 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Desease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

"Inmendagri ini merupakan panduan bagi daerah untuk lebih tanggap dan waspada serta melakukan langkah antisipasi yang ditindaklanjuti dengan kebijakan di daerah, sehingga respons daerah untuk menekan jumlah kasus terpapar dapat dilakukan lebih terukur" kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA dalam keterangannya, Selasa (18/1/2022).

Simak Video 'Sederet Daerah Jawa-Bali yang Terapkan PPKM, Jabodetabek Masuk Level 2':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/sun)