Bus Terguling Setelah Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Orang Tewas

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 09:15 WIB
Bus terguling tabrak pemotor di bojonegoro
Bus terguling di jalur nasional Bojonegoro-Babat (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Bojonegoro - Sebuah bus terguling hingga menabrak pemotor dan pohon di Jalan Nasional Bojonegoro-Babat. Satu pemotor meninggal dunia di lokasi kejadian.

Diduga, Bus PO Margojoyo jurusan Bojonegoro-Bungurasih ini sempat menghindari truk yang berlawanan arah. Kejadian ini berlangsung di Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, sekitar pukul 05.00 WIB, Selasa (18/1/2022).

Sebelum terguling, bus bernopol S 7643 UH sempat menabrak pengendara motor yang berboncengan. Salah satu pengendara meninggal di lokasi usai terpental ke selokan bersama motornya.

Salah satu saksi mata, Totok mengaku tetiba mendengar suara brak di dekat rumahnya. Dia langsung keluar rumah dan mendapati ada kecelakaan bus di dekat rumahnya.

"Sekitar jam 5 tadi kejadiannya. Untung pas di barat rumahku lokasinya. Awalnya itu dengar suara brak, langsung keluar rumah lihat bus itu udah terguling. Saya dekati kok ada yang terpental ke selokan. Ternyata pemotor boncengan dan salah satu meninggal," jelas salah satu warga Mojodeso, Totok kepada detikcom..

Melihat kondisi ini, Totok langsung menghubungi polsek setempat. Agar cepat dilakukan proses evakuasi dan penumpang bisa segera tertolong.

Bus ini diprakirakan mengangkut sekitar 10 orang. Bus terguling di tengah jalan. Sementara sopir hingga kondektur dalam kondisi selamat, namun ada penumpang mengalami luka-luka.

"Ada lagi tadi salah satu penumpang bus yang luka patah tangan. Warga Sumbang kalau nggak salah tadi. Saya teleponkan polsek biar segera dapat pertolongan," imbuhnya.

Sementara kondisi bus yang terguling di tengah jalan sempat membuat kemacetan. Petugas laka lantas Polres Bojonegoro dibantu PMK langsung melakukan evakuasi bangkai bus dan penyemprotan jalan bekas sisa solar dan pecahan kaca.

Kecelakaan ini berawal dari truk yang melaju dari arah Surabaya menuju Bojonegoro berjalan di tengah dengan kondisi mengkhawatirkan karena berjalan zig-zag. Sehingga, bus berusaha menghindari truk tersebut dan menabrak portal irigasi. Tak hanya itu, bus juga sempat oleng ke kanan lalu menabrak pemotor dan pepohanan hingga terguling.

Kasatlantas Polres Bojonegoro AKP Rizal Nugra Wijaya membenarkan kecelakaan ini. Namun, untuk data para korban sedang dalam proses pendataan dan mereka tengah dievakuasi ke rumah sakit.

"Benar tadi ada laka lantas, busnya terguling. Salah satu orang pemotor alami meninggal. Sopir dan penumpang bus selamat meski ada yang luka. Ini di lokasi sedang proses evakuasi agar jalan segera kembali normal. Nanti perkembangan segera kita kabari lagi," pungkas Rizal. (fat/fat)