Komunitas X-MOC Gelar Jamnas di Banyuwangi, Bupati Ipuk Beri Apresiasi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 23:59 WIB
Dengan daya tarik wisatanya, Banyuwangi dipilih sebagai tuan rumah oleh Komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC), untuk menggelar Jambore Nasional (Jamnas) kedua. Juga Rakernas kelima.
Bupati Ipuk di acara Komunitas X-MOC/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi - Dengan daya tarik wisatanya, Banyuwangi dipilih sebagai tuan rumah oleh Komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC), untuk menggelar Jambore Nasional (Jamnas) kedua. Juga Rakernas kelima.

Tak kurang dari 200 peserta yang berasal dari 20 pengurus daerah tingkat provinsi, dan 36 chapter kota se-Indonesia hadir di Pantai Marina Boom Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang turut diundang dalam acara tersebut, mengajak semua peserta Jamnas untuk bisa mengeksplorasi wisata dan ekonomi kreatif di Bumi Blambangan.

"Saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Banyuwangi, selamat menikmati kesempatan terbaik ini. Semoga ada kesan yang baik ketika berkunjung ke sini. Karena banyak tempat indah yang harus dikunjungi dan tetap menaati prokes," ungkap Ipuk kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Kegiatan tersebut, Ipuk berharap, akan membantu menggerakkan perekonomian warga Banyuwangi. "Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu mengerakkan sektor ekonomi di Banyuwangi, karena adanya tamu yang hadir, pastinya ada sektor ekonomi yang berputar, semisal hotel, wisata dan produk hasil masyarakat," jelasnya.

Ketua Umum X-MOC, Wira Julianto mengaku sengaja memilih Banyuwangi sebagai tuan rumah kegiatan tersebut karena memiliki daya tarik pariwisata yang keren, dan iklim ekonomi kreatif yang berkembang.

"Ini adalah salah satu inisiasi kami dari pengurus nasional untuk lebih menggalakkan program-program destinasi wisata termasuk pengembangan ekonomi kreatif di tempat di mana kami berkunjung, seperti halnya di Banyuwangi ini," urai Wira.

Bahkan Wira juga menunjukkan bukti dukungannya terhadap ekonomi kreatif Banyuwangi dari udeng yang dipakainya. "Saat ini saya memakai udeng. Pun peserta rakernas lainnya. Ini membuktikan bahwa kami juga men-support ekonomi kreatif Banyuwangi," bebernya.

Tim X-MOC akan menghabiskan waktu selama 3 hari di Banyuwangi. Usai raker, tim dijadwalkan mengeksplor sejumlah destinasi wisata di antaranya Pantai Boom dan Hutan Djawatan. Mereka juga melakukan penanaman bibit tanaman penghijauan di sejumlah destinasi, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan. (sun/sun)