Kunker di Jatim Selama 2 Hari, Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi Tempat ini

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 18:47 WIB
wapres maruf amin kunjungan ke Bangkalan Madura
Wapres Ma'ruf Amin dan Gubernur Khofifah/Foto: Istimewa (Dok Biro Adpim Pemprov Jatim)
Surabaya -

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur. Ma'ruf akan berada di Jatim selama dua hari. Hari ini, Kamis (13/1/2022), wapres mengunjungi sejumlah tempat di Bangkalan. Dimulai mendatangi acara wisuda STAI Syaichona Cholil di Ratu Ebu, Bangkalan.

Ma'ruf didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Bangkalan Ra Latief Imron berziarah ke Makam Syaikhona Kholil. Setelah ziarah, Ma'ruf bersilaturahmi dengan keluarga besar Syaikhona Kholil.

Setelah itu, Ma'ruf meresmikan LPH Halal Center di Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Saat meresmikan, Ma'ruf mengapresiasi inisiatif Universitas Trunojoyo dalam membangun LPH Halal Center.

"Saya menyambut baik atas usulan agar di Madura juga ada area yang ditetapkan sebagai Kawasan Industri Halal. Dengan kesiapan tersebut, artinya Jawa Timur ada tiga KIH. Berarti Jatim akan menjadi kawasan Produk Halal terbesar di Indonesia nantinya," ujar Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan yang diterima detikcom dari Biro Adpim Pemprov Jatim.

Ma'ruf menyatakan, ini wujud komitmen pemerintah terhadap upaya percepatan pembangunan Halal Lifestyle di Jatim. Selain itu, ini juga merupakan upaya mewujudkan Halal Lifestyle Nasional.

Ma'ruf menambahkan di Jatim telah berdiri satu Kawasan Industri Halal berada di Sidoarjo. Bahkan, di Gresik saat ini sedang menyiapkan hal yang sama. Sekarang, Bangkalan telah menyatakan kesiapannya. Atas kesiapan tersebut, Ma'ruf mengaku optimis, Jatim nantinya bisa menjadi Kawasan Industri Halal (KIH) terbesar di Indonesia.

Lebih lanjut, Ma'ruf menjelaskan, penggunaan produk halal saat ini tak hanya sebagai bentuk kewajiban, namun telah menjadi suatu gaya hidup. Ditambah dengan masyarakat Madura yang terkenal akan culture ketaatan terhadap agama yang sangat tinggi, kehadiran Halal Center, bahkan KIH, sangat mendukung gaya hidup masyarakat yang telah semakin cerdas dan selektif sebagai konsumen.

Lihat juga video 'Wapres Sebut Toleransi yang Dimiliki RI Dikagumi Berbagai Kalangan di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]