Ini Profil Saifullah Yusuf Sekjen PBNU Pilihan Gus Yahya

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 17:49 WIB
gus ipul
Gus Ipul (Foto file: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf resmi menunjuk Saifullah Yusuf sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Periode 2022-2027. Saat ini Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul menjabat Wali Kota Pasuruan periode 2021-2024.

Nama Gus Ipul sudah tidak asing bagi warga Jawa Timur. Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul merupakan Wakil Gubernur Jatim mendampingi Soekarwo atau Pakde Karwo selama dua periode. Yakni, periode 2008-2013 dan akhirnya pasangan ini kembali terpilih pada Pilgub 2013 untuk periode 2014-2019.

Pada tahun 2017, Gus Ipul maju sebagai Calon Gubernur di Pilgub 2018 mewakili PKB. Pada Pilgub kali ini, PDIP memberikan rekomendasi Saifullah Yusuf sekaligus berpasangan dengan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Namun di tengah perjalanan, Azwar Anas mengundurkan diri dengan mengembalikan mandatnya ke PDIP. Nama Puti Guntur Soekarno, anggota DPR sekaligus cucu Presiden Soekarno, dipilih PDIP Perjuangan menjadi pendamping Gus Ipul.

Kiprah di dunia politik telah dilakoni Gus Ipul sejak muda. Gus Ipul juga pernah menjadi anggota DPR RI. Suami dari Fatma Saifullah Yusuf ini mendapat amanah baru dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia selama 1 periode tahun 2004.

Baca juga: Pemkot Pasuruan Beri Selamat ke Gus Ipul yang Jadi Sekjen PBNU

Keponakan Gus Dur ini sejak kecil telah menimba ilmu di Jombang. Putra dari pasangan Ahmad Yusuf Cholil dan Sholichah Hasbullo ini sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang. Lalu saat SMP, Gus Ipul bersekolah Sekolah Menengah Pertama Islam Pasuruan dan lanjut ke Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan Negeri Pasuruan.

Lulus SMA, Pamannya KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menyarankan kuliah di Jakarta. Akhirnya, suami dari Fatma Syaifullah Yusuf ini masuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional Jakarta.

Gus Ipul memperdalam ilmu dari Gus Dur yang saat itu tengah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU. Dan inilah yang menjadi langkah awal Gus Ipul terjun di dunia politik.

Gus Ipul sendiri diketahui pernah dekat dengan Gus Yahya. Dia pernah menjabat sebagai ketua PBNU dan ketua GP Ansor selama dua periode, yakni pada tahun 2000 hingga 2010.

Profil Gus Ipul bisa dilihat di halaman berikutnya...

Simak Video: Alasan Gus Yahya Libatkan Politikus di Kepengurusan PBNU

[Gambas:Video 20detik]