Pemadam Kebakaran Dikerahkan Semprot Lumpur Bekas Banjir di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 13:36 WIB
banjir di jember
Pemadam kebakaran dikerahkan membantu membersihkan lumpu banjir (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Pemadam kebakaran Pemkab Jember menerjunkan dua armada untuk membersihkan lumpur bekas banjir di perumahan Bumi Mangli Permai (BMP), Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates. Sebanyak 10 petugas juga dilibatkan dalam upaya pembersihan tersebut.

"Karena kan lumpur yang memenuhi jalanan dan di rumah-rumah warga itu kan tebal. Jadi hanya bisa disemprot dengan penyemprot truk damkar," kata Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Jember Nino Eka Putra, Rabu (12/1/2022).

Menurut Nino, ada dua kendaraan yang diterjunkan. Yakni satu unit truk pemadam kebakaran dan mobil pikap pengangkut alkon.

"Truk pemadam kita kirimkan, dan juga mobil pikap untuk membawa alkon. Sehingga proses membersihkan lokasi perumahan warga dari lumpur bisa cepat diselesaikan," ujarnya.

Kendati demikian, kata Nino, tetap dibutuhkan alat berat untuk membersihkan lumpur di lokasi bekas banjir itu. Terutama lumpur yang ada di jalan karena cukup tebal.

"Dibutuhkan alat berat backhoe kecil untuk upaya lanjutan membersihkan bekas lumpur, terutama yang mulai mengering," ujarnya.

"Untuk di RW 13 ada alat berat backhoe kecil itu. Mungkin di tempat kami RW 15 juga bisa diadakan. Karena kalau lumpur mengering susah dibersihkan dengan cara biasanya," sambung salah seorang warga RW 15, Rudi. (iwd/iwd)